Loading...
Loading…
UNHCR Tolak Status Pengungsi, Rudenim Makassar Pulangkan Delapan Warga Ini ke Negaranya

UNHCR Tolak Status Pengungsi, Rudenim Makassar Pulangkan Delapan Warga Ini ke Negaranya

Nasional | koran-jakarta.com | Senin, 06 September 2021 - 05:03

Makassar - Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar, Sulawesi Selatan, memulangkan delapan warga negara Srilangka setelah Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa?Bangsa (UNHCR) menolak permohonan mereka untuk memperoleh status pengungsi.

Kepala Rudenim Makassar Alimuddin di Makassar, Minggu, menyebutkan mereka telah lama mendekam di Rudenim Makassar sejak 23 Mei 2021.

"Mereka diamankan oleh petugas Divisi Keimigrasian di salah satu penginapan di Makassar, kemudian diserahkan ke Rudenim Makassar," ujarnya.

Dengan adanya keputusan dari UNHCR yang menolak status pencari suaka itu, kata Alimuddin, ??????pihaknya mudah dalam pemulangan tersebut.

Ditegaskan pula bahwa pemulangan atau pengusiran tidak boleh dilakukan, kecuali pengajuan status pengungsinya ditolak oleh UNHCR yang dikenal dengan istilah final reject .

Berdasarkan hasil koordinasi yang baik dengan UNHCR, kata dia, akhirnya proses asesmendapat dilakukan secara virtual oleh UNHCR. Namun, hasilnya delapan warga negaraSrilangka tersebut ditolak permohonan statusnya sebagai pengungsi. Dengan demikian, pihaknya dapat memulangkan mereka ke negara asal.

Sebelum mereka, ada tiga warga negaraSrilangka yang juga telah dipulangkan.

Disebutkan bahwa keseluruhan warga negaraSrilangka yang dipulangkan adalah pencari suaka yang seharusnya dalam masa tunggu asesmen.

"Mereka berada di tempat mengajukan permohonan status pengungsi, yaitu Jakarta, bukan berkeliling Indonesia," kataAlimuddinmenegaskan.

Original Source

Topik Menarik