KH Mustofa Kamil, Berjuang Hingga Titik Penghabisan (II)

Nasional | republika | Published at Rabu, 01 September 2021 - 17:13
KH Mustofa Kamil, Berjuang Hingga Titik Penghabisan (II)

IHRAM.CO.ID, Perjuangan KH Mustofa Kamil dimulai sejak berdirinya cabang Syarikat Islam (SI) pada 1914 di Garut. Melalui ormas Islam inilah ia mensyiarkan agama Islam kepada masyarakat Garut. Kiai Mustofa juga menjadikan organisasi ini sebagai alat perjuangan untuk melawan penjajah.

Dalam buku K.H. Mustofa Kamil: Sang Pendekar dari Kota Intan, Budi Suhardiman mengatakan, sosok Kiai Mustofa memang tidak lepas dari sejarah SI di Garut. Menurut dia, SI telah menjadikan tokoh tersebut sebagai seorang ulama pemberani. Pemikiran-pemikiran keislaman dan kebangsaan yang marak di organisasi tersebut turut menempanya agar rela berkorban demi bangsa dan negara.

Saat melakukan pertemuan dengan para pengurus ranting dan anggota SI, Kiai Mustofa selalu memberikan motivasi dan semangat agar mereka ikut terus berjuang melawan penjajah. Sebagai akibatnya, kesadaran masyarakat untuk ikut mempertahankan Tanah Air dari penjajahan pun semakin meningkat.

Selain rajin berdakwah ke daerah-daerah, Kiai Mustofa juga berperan sebagai guru agama di madrasah milik Syarikat Islam. Salah satunya adalah Madrasah Al Islamiah di Kampung Lio Garut.

Artikel Asli