Bangun Kemandirian Ekonomi Umat, Baznas Makassar Luncurkan Z-Mart

Nasional | rakyatku | Published at Rabu, 01 September 2021 - 17:02
Bangun Kemandirian Ekonomi Umat, Baznas Makassar Luncurkan Z-Mart

RAKYATKU.COM,MAKASSAR -- Minimarket Z-Mart yang diiniasi Unit Pengumpul Zakat Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Nurul Ilmi Universitas Negeri Makassar secara resmi beropreasi.

Z-Mart UPZ Nurul Ilmi ini diresmikan pada Rabu (1/9/2021) di Jalan Raya Pendidikan, Gunung Sari, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Pengadaan minimarket Z-Mart ini bekerja sama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar.

Sejumlah tokoh yang hadir pada acara peresmian Z-Mart ini antara lain Wali Kota Makassar, Danny Pomanto; Kadis Koperasi & UKM, Dra Hj Sri Susilawati, MSi; Ketua Baznas Kota Makassar, HM Ashar Tamanggong; dan Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof Dr Ir H Husain Syam, MTP, IPU, ASEAN Eng.

Di tengah-tengah kesibukannya, Wali Kota Danny Pomanto tetap datang dan memberikan sambutan serta apresiasinya terhadap program Z-Mart ini serta meresmikan dengan bertanda-tangan di atas prasasti.

Kehadiran Z-Mart ini merupakan perwujudan inovasi yang dilakukan oleh UPZ BKM Nurul Ilmi yang bekerja sama dengan Baznas. Kemudian juga menjadi infak sedekah kita, ujar Danny Pomanto.

Prof HM Asfah Rahman, MEd, PhD selaku ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Nurul Ilmi mengatakan dalam sambutannya bahwa Z-Mart ini merupakan bagian dari program Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang kemudian direspons hangat dan diapresiasi Baznas Kota Makassar.

Ketua BKM Nurul Ilmi ini juga memberikan dukungan dan apresiasi terhadap Z-Mart dan berharap agar pihak Baznas memberikan pelatihan dan pendampingan.

Selain memberikan apresiasi dan dukungan terhadap Z-Mart ini, pihak Baznas juga memberikan pelatihan dan pendampingan dalam menjalani usaha ini. Tak lain Z-Mart ini ke depannya bisa berguna untuk umat atau kaum duafa serta dapat memakmurkan masjid, ujar ketua BKM Nurul Ilmi.

Ketua Baznas Kota Makassar, HM Ashar Tamanggong menyampaikan apresiasinya kepada UPZ BKM Nurul Ilmi karena berinisiasi untuk melaksanakan program ini.

Selain itu, ia juga mengimbau bahwa pentingnya dan tepat untuk berzakat di UPZ atau Baznas

Kenapa kita penting berzakat lewat UPZ dan Baznas sebab keduanya menyalurkan bantuan dengan tepat pada sasaran yang diharapkan yakni kepada kaum duafa, ungkap ketua Baznas Kota Makassar.

Ashar juga menginfokan sejumlah program-program yang Baznas Kota Makassar jalankan, seperti Bank Makanan tiap Hari Jumat, Kotak S3R (Sedekah Subuh Satu Rupiah), dan Warung Nasi Kuning Gratis bagi pekerja low class.

Rektor UNM, Prof Dr Ir H Husain Syam, MTP, IPU, ASEAN Eng dalam sambutannya sangat mendukung program Z-Mart yang bekerja sama dengan Baznas ini.

Rektor UNM ini sangat berharap ke depannya Z-Mart ini dapat bermanfaat bagi orang banyak khususnya kepada kaum duafa.

Rektor UNM juga berharap agar hasil dari penjualan Z-Mart ini juga dapat dirasakan manfaatnya kepada para santri tahfiz Quran di Masjid Nurul Ilmi.

Artikel Asli