Siapkan Lulusan Unggul, Teknik Pengelasan SMKN 1 Singosari Gandeng Komatsu Indonesia

Nasional | jatimtimes.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 12:45
Siapkan Lulusan Unggul, Teknik Pengelasan SMKN 1 Singosari Gandeng Komatsu Indonesia

JATIMTIMES - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Singosari berkomitmen untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Tujuannya, menciptakan lulusan-lulusan siap kerja, bahkan mampu bersaing di dunia industri, baik berskala nasional ataupun multinasional.

Salah satunya dilakukan melalui New Recruitment Scheme Apprentice Program. Dalam program ini, baik siswa maupun tenaga pengajar atau guru -khususnya dari teknik pengelasan- diberi ruang untuk magang di perusahaan ternama. Tidak main-main, dalam program ini, SMKN 1 Singosari menggandeng perusahaan alat berat multinasional asal Jepang, yakni Komatsu.

"Perekrutan dengan pola baru yang juga melibatkan tenaga pengajar. Dan sudah kerja sama dengan Komatsu selama 4 tahun berjalan," ujar koordinator New Recruitment Scheme Apprentice Program Doni Tri Prasetio SPd MPd, Rabu (1/9/2021).

Menurut dia, kerja sama yang sudah dijalin itu dilakukan secara bertahap. Artinya, ada tahapan-tahapan yang dilakukan setiap tahun. Tentu juga dengan melihat perkembangan di setiap tahun.

"Untuk tahun pertama dan kedua, diterapkan metode magang dan diambil lima orang oleh Komatsu. Pola ketiga dengan metode training guru. Jadi, guru di-training sama Komatsu dengan tes dan tes itu cuma PCR. Itu tahun 2020. Dan pada tahun berikutnya, 2021, mengalami perkembangan hingga di sekolahkan lagi. Dan perusahaan (Komatsu) hanya tahunya SDM yang siap pakai. Akhirnya ada 48 siswa yang ditarik masuk di Komatsu," jelas Doni.

Menurut dia, hal itu dapat disebut sebagai sebuah prestasi. Pasalnya, dalam kerja sama ini, pihak Komatsu juga tidak sembarangan untuk bermitra dengan lembaga pendidikan atau sekolah. Aturan yang ketat pun benar-benar diterapkan untuk sebuah perekrutan.

"Dan di Jawa Timur, hanya SMKN 1 singosari yang mendapatkan (kerja sama) ini. Dan harus memenuhi syarat, untuk SDM maupun guru. Untuk siswa pun juga ada tahapannya dalam rekrutmen," ucap Doni.

Ia pun berharap bahwa kemitraan ini dapat terus berkelanjutan. Sebab, manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh para siswa. Dan, hal ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk diteruskan.

"Manfaat yang diterima anak-anak bisa bekerja di industri ini merupakan peluang yang sangat bagus. Bahkan pihak Komatsu memercayakan kepada SMKN 1 Singosari dan bisa mengangkat brand SMKN 1 Singosari," ungkap Kepala SMKN 1 Singosari Drs Imam M. MT.

Artikel Asli