Dua Pekan Lagi TMMD ke 112 Digelar, Sinergi Kodim 1002/HST Bersama Warga Rantau Keminting

Nasional | apahabar.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 16:36
Dua Pekan Lagi TMMD ke 112 Digelar, Sinergi Kodim 1002/HST Bersama Warga Rantau Keminting

apahabar.com, BARABAI Menjelang agenda TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112 di 2021 ini, Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah (HST) terus mempersiapkan segala sesuatunya. Rencananya dimulai pada 15 September-14 Oktober nanti.

Kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait seperti pemerintah HST dan Aster Kasad, Korem 101/Antasari maupun masyarakat. Kami juga telah meninjau lokasi bersama Letkol Inf Diky AM dan Kasi DPMD Provinsi Kalimantan Selatan, Andie Putra Pratama dan juga telah melakukan pra-TMMD, kata Dandim 1002/HST, Letkol Inf Muh Ishak H Baharuddin HB, Rabu (1/9).

Lokasi TMMD yang telah ditetapkan, yakni di Desa Rantau Keminting RT 5 Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU). Sasaran utama TMMD dengan tema Wujud Sinergi Membangun Negeri ini adalah perbaikan mutu jalan sepanjang 1.725 meter.

Selain itu, ada juga rehab 2 unit jembatan, RTLH (rumah tidak layak huni) dan rehab musala. Untuk sasaran non fisik, kami juga memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat, yang keseluruhannya sangat bermanfaat dan untuk menambah wawasan serta pengetahuan warga, papar Ishak.

Hari ini, prajurit Kodim 1002 HST baru mengawali pra-TMMD ke 112. Sebelumnya, warga Rantau Keminting beriniasiatif mengadakan menggelar doa bersama dan syukuruan di titik 0 sasaran perbaikan mutu jalan.

Pejabat Kepala Desa Rantau Keminting, Syarifuddin menyebut, digelarnya kegiatan itu sebagai wujud rasa syukur warga. Agar pelaksanaan TMMD dapat berajalan dengan lancar dan aman.

Terpilihnya desa kami sebagai sasaran TMMD ke-112 ini merupakan rasa syukur kami yang mendapatkan bantuan percepatan pembangunan daerah terutama perbaikan sarana maupun prasarana, kata Syarifuddin.

Danramil 1002-08/LAU, Kapten Inf Lilis Sutanto pun memberi apresiasi kepada masyarakat. Dia menilai masyarakat banyak membantu dan mendukung agar terlaksana kegiatan lintas sektoral sinergi membangun wilayah itu.

Dandim, kata Lilis berharap masyarakat dan personel di lapangan menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. Sehingga TMMD dapat terlaksana dengan lancar dan sukses.

Pra TMMD ini dilaksanakan sebagai awal dan untuk mengantisipasi kondisi alam yang saat ini kurang mendukung. PraTMMD dimulai agar kegiatan yang dilaksanakan selama sebulan dapat tuntas tepat waktu, tutup Lilis.

TMMD ke 112

Dandim 1002/HST, Letkol Inf Ishak saat meninjau lokasi sasaran fisik TMMD di Rantau Keminting RT 5 LAU, Rabu (1/9). Foto: Maskuri for apahabar.com.

Artikel Asli