Kemenkes Klaim PPKM Mampu Kendalikan Penularan Covid-19

Nasional | republika | Published at Rabu, 01 September 2021 - 16:23
Kemenkes Klaim PPKM Mampu Kendalikan Penularan Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengklaim penerapan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM berhasil menekan laju penularan virus Covid-19. Diketahui, ada 26 kabupaten kota yang mengalami penurunan PPKM dari level 4 ke level 2-3.

"Ini artinya kita telah mampu menerapkan kebijakan PPKM yang terbukti mampu dapat mengendalikan laju penularan Covid-19," kata Nadia dalam konfrensi pers secara daring, Rabu (1/9).

Strategi PPKM ini, lanjut Nadia, terbukti efektif menurunkan jumlah kasus aktif angka kematian dan juga tingkat keterisian tempat perawatan. Rata-rata bed occupancy ratio (BOR) nasional sudah berada sekitar 27 persen.

"Namun demikian kita tetap harus waspada kita bisa berkaca kepada India yang saat ini sedang mengalami kembali peningkatan kasus setelah adanya perayaan festival," tegas Nadia.

Selain itu, banyak negara yang sudah cakupan vaksinasinya cukup tinggi tapi kemudian terjadi peningkatan tren kasus.Artinya, masyarakat harus selalu waspada terutama dalam upaya kita bersama mencapai 70 persen sasaran penduduk Indonesia mendapatkan vaksinasi Covid 19.

"Upaya pemerintah perlu dukungan terutama dukungan dari pemerintah daerah untuk meningkatkan kesiapan untuk menghadapi lonjakan kasus memperkuat testing tracing serta memperkuat protokol kesehatan tidak boleh lengah protokol kesehatan dan tentunya mempercepat vaksinasi khususnya bagi lansia dan masyarakat rentan lainnya," ujarnya.

"Untuk masyarakat, kami Ingatkan Kembali walaupun kita sudah mencapai kondisi yang lebih baik dibandingkan kondisi kita di bulan Juni, bukan berarti ancaman terhadap peningkatan lonjakan kasus itu sudah selesai," katanya.

Artikel Asli