Curah Hujan Tinggi, Warga di Bantaran DAS Kapuas Diimbau Waspadai Banjir

Nasional | apahabar.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 16:24
Curah Hujan Tinggi, Warga di Bantaran DAS Kapuas Diimbau Waspadai Banjir

apahabar.com, KUALA KAPUAS Tingginya intensitas hujan yang terjadi saat ini berpotensi banjir di wilayah hulu Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, tingginya intensitas hujan dapat menyebabkan daerah aliran sungai (DAS) Kapuas meluap sehingga berpotensi terjadi banjir.

Di Kabupaten Kapuas sendiri ada beberapa desa di Kecamatan Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Timpah, Mandau Talawang, dan Pasak Talawang yang memang rentan terjadinya banjir, katanya di Kuala Kapuas, Rabu (1/9).

Jadi, saya harapkan kepada seluruh lapisan masyarakat yang tinggal di daerah bantaran sungai untuk selalu waspada, imbuhnya.

Panahatan bilang, seluruh desa terutama yang berada di sekitar bantaran DAS Kapuas harus mengaktifkan Posko Pantau Banjir untuk mengantisipasi adanya korban jiwa.

Mengantisipasi adanya korban jiwa, saya harap kepada seluruh Kades, terutama yang wilayahnya ada di sekitar bantaran sungai DAS Kapuas, agar mengaktifkan Posko Pantau Banjir, ujarnya.

Kemudian kepada pemerintah kecamatan seperti Mandau Telawang, Kapuas Hulu, Pasak Talawang, dan Kapuas Tengah, diharapkan dapat proaktif untuk melaporkan kondisi, dan perkembangan naik turunnya air di wilayahnya.

Juga sesegera mungkin melakukan pendataan, apabila ada desa di wilayahnya yang sudah terendam banjir, pungkas Panahatan Sinaga.

Artikel Asli