Dewan Minta Polres Lebih Serius Ungkap Kasus Longsor Senggigi

Nasional | lombokpost | Published at Rabu, 01 September 2021 - 16:22
Dewan Minta Polres Lebih Serius Ungkap Kasus Longsor Senggigi

GIRI MENANG DPRD Lombok Barat (Lobar) kembali menyoroti kasus longsor di Senggigi. Mereka mendorong aparat penegak hukum yang menangani kasus ini lebih serius. Terutama dalam mengungkap dugaan adanya kerugian negara.

Kalau dari kami, bila ada indikasi kerugian Negara di sana, kami mendorong aparat penegak hukum untuk terus menindaklanjutinya, kata Ketua DPRD Lobar Hj Nurhidayah.

Karena, lanjut Nurhidayah, jika kasus ini terus digantung akan berakibat pada perbaikan proyek bekas longsor tersebut. Buktinya, hingga kini belum ada progres hasil perbaikan, ungkapnya.

Yang bekerja di proyek itu, katanya, hanya dua sampai tiga orang tukang. Ini kesannya tidak serius, tandasnya.

Menanggapi hal itu, Kasatreskrim Polres Lobar Iptu I Made Dharma Yulia Putra memastikan akan melakukan pemeriksaan kembali terhadap instansi yang terkait dengan kasus ini. Semuanya akan dianalisa, janjinya.

Menurut Dharma, hingga kini, ia belum bisa menggambarkan terkait hasil koordinasi dengan Inspektorat Lobar. Kami sambil menunggu hal (jadwal saksi ahli, red) tersebut untuk pemeriksaan lanjutan, terangnya.

Menurutnya tim ahli ini memenuhi kualifikasi. Namun, koordinasi tidak bisa leluasa dilakukan dengan alasan terkendala PPKM. Dimana saksi ahli berasal dari Surabaya.

Hasil tim ahli sudah ada, tapi harus disimpulkan oleh pihak terkait yang mana mereka akan berkoodinasi kedepannya, kilahnya.

Sebelumnya, Kapolres Lobar AKBP Bagus S Wibowo mengatakan, banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam permasalahan ini. Namun, ia menegaskan, fokus perhatian aparat penegak hukum adalah potensi kerugian negara atas kejadian longsor di tiga titik proyek penataan Senggigi senilai lebih dari Rp 6 miliar tersebut. Karena ini kasus dugaan korupsi dan terus dalam proses. Salah satu indikasi korupsi adanya kerugian negara, dan perbuatan melawan hukum, jelasnya. (nur /r3 )

Artikel Asli