Vaksin Moderna di Tala Mulai Dilaksanakan Untuk Masyarakat Umum

Nasional | apahabar.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 16:19
Vaksin Moderna di Tala Mulai Dilaksanakan Untuk Masyarakat Umum

apahabar.com, PELAIHARI Guna mendukung program vaksinasi massal Covid-19 untuk masyarakat umum dan mengejar terciptanya Herd Immunity di Kabupaten Tanah Laut, Pemkab Tala melalui Dinas Kesehatan setempat terus melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat.

Terbukti Dinas Kesehatan akan menggelar vaksinasi 4 hari berturut-turut dari tanggal 30 Agustus sampai 2 September 2021 di Halaman Kantor Dinkes Tala.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Tala, Antonius Jaka mengingatkan bahwa tingkat efikasi yang mencapai 94 persen.

Perlu diperhatikan vaksin jenis moderna, penerima harus dalam keadaan benar-benar fit, sehingga mengurangi risiko terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Diharapkan sebelum menerima vaksinasi, masyarakat harus mempersiapkan diri seperti istirahat yang cukup pada malam harinya dan sarapan sebelum berangkat vaksinasi, kata Antonius Jaka.

Tingginya animo masyarakat, kata dia, untuk menerima vaksin juga menjadi perhatian Dinkes Tala. Makanya pendaftaran vaksinasi dapat dilakukan melalui situs resmi Web Dinkes Tala yaitu dinkes.tanahlautkab.go.id.

Pendaftaran melalui aplikasi Google Form yang di upload pada website, nanti bisa dilihat websitenya Dinkes Tala terkait informasi-informasi tentang pelaksanaan vaksinasi, jelas Antonius Jaka.

Dari kegiatan ini Jaka berharap vaksinasi yang dilakukan bisa menjadi jalan menuju Tanah Laut yang lebih sehat dan bisa kembali beraktivitas seperti semula.

Adanya vaksinasi ini diharapkan terciptanya Herd Immunity di masyarakat Kabupaten Tanah Laut, Pandemi Covid-19 bisa turun dan kita bisa beraktivitas dengan new normal, harapnya.

Yanda Imanto Rimba, penerima Vaksin warga Kelurahan Angsau mengaku senang telah menerima vaksin. Ia menyampaikan bahwa vaksinasi sebagai upaya perlindungan diri dan keluarganya.

Mengikuti vaksinasi ini karena memang sadar bahwa dengan vaksinasi bisa menambah kekebalan tubuh dan terhindar dari bahaya Covid-19, selain itu lebih mudah bepergian apabila sudah vaksinasi, katanya.

Terjadwal, masyarakat yang telah menerima vaksin tahap pertama akan kembali menerima vaksin tahap kedua dengan jarak waktu 28 hari setelah menerima vaksin pertama.

Dinkes Tala sendiri menerima 630 vial atau sekitar 8.820 dosis Vaksin Moderna untuk masyarakat umum dari Dinkes Provinsi Kalsel. Kegiatan vaksinasi massal untuk masyarakat umum juga digelar di Puskesmas se-Tanah Laut.

Artikel Asli