Nadiem Keluhkan 12 Pemda yang Belum PTM, P2G Sebut Malah Bagus

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 01 September 2021 - 16:11
Nadiem Keluhkan 12 Pemda yang Belum PTM, P2G Sebut Malah Bagus

JawaPos.com Terdapat 12 wilayah yang belum diizinkan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas oleh pemerintah daerah (pemda) masing-masing. Padahal mereka berada di kawasan PPKM level 3 yang notabene sudah boleh membuka sekolah.

Adapun, pemda tersebut adalah Pemprov Kepulauan Riau, Pemprov Jawa tengah, Pemprov Sulawesi Utara, Pemkot Seran, Pemprov Gorontalo, Pemkab Lampung Tengah, Pemkab Tanggamus, Pemkab Lampung Utara, Pemkab Waykanan, Pemkab Pesawaran, Pemkab Tulang Bawang dan Pemkab Mesuji.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim pun mengeluhkan hal tersebut. Dia meminta pemda yang dimaksud agar segera melaksanakan tatap muka.

Berlawanan dengan Mas Menteri, Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim mengatakan pihak mengapresiasi tindakan tegas tersebut. Kami mengapresiasi yang tau diri, Yogyakarta itu sultan bilang kalau nanti kenapa-kenapa nanti yang dituntut gubernur, tutur dia kepada JawaPos.com , Rabu (1/9).

Menurutnya, dibandingkan memaksakan diri untuk membuka PTM dengan ketidaksiapan, langkah pemda yang belum mengizinkan ini jauh lebih baik.

Bagus itu mengakui belum siap, baik dari vaksinasi dan kesiapan sekolah, seperti Yogyakarta, Kepulauan Riau, Lampung dan sebaguan Jawa Tengah. Jadi kami mendorong sekolah itu untuk jujur, vaksinasi masih rendah, makanya PJJ aja diadaptasikan, jelasnya.

Keluhan Nadiem, menurutnya adalah bentuk kegagalan dia sebagai bapak pendidikan Indonesia saat ini. Jika kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemda baik, hal ini tidak akan terjadi.

Saya rasa ini bentuk kegagalan komunikasi Mas Menteri, dia kan agak irit berkoordinasi dengan pemda. Saya minta perbanyak aktivitasnya untuk meninjau, menyapa guru termasuk kepala daerah, itu kelebihan kita orang Indonesia, rangkul mereka, pungkas dia.

Artikel Asli