Poto Tano Jadi Pusat Pengembangan Kopi Robusta

Nasional | lombokpost | Published at Rabu, 01 September 2021 - 16:03
Poto Tano Jadi Pusat Pengembangan Kopi Robusta

TALIWANG- Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ditunjuk menjadi pusat pengembangan bibit kopi robusta. Lokasi pengembangan kopi ini di Poto Tano.

Pemda KSB mendukung penuh pengembangan bibit unggulan kopi robusta ini, tegas Bupati KSB HW.Musyafirin saat tanam perdana kopi robusta dan rumput biograss agrinak varietas unggulan Balitbangtan, (31/8/2021).

Pengembangan bibit kopi robusta dan rumput biograss ini bagian dari pengembangan pertanian adaptif. Polanya berbasis inovasi pada agroekosistem lahan kering iklim kerang.

Bupati menegaskan, lahan kering di KSB cukup luas. Termasuk di wilayah Poto Tano. KSB memang punya visi yaitu mandiri pangan. Kita punya banyak potensi yang bisa dikembangkan, jelas dia.

Kepala Dinas Pertanian KSB, Suhadi mengatakan, kebun induk pengembangan bibit kopi robusta akan ditanam di atas lahan seluas 4,5 hektare. Saat ini, terdapat sekitar 2000 bibit yang akan dikembangkan.

Hasil dari sini akan dipadukan dengan pengembangan kopi rarak. Yang jelas, kopi robusta yang dikembangkan ini kualitasnya jauh lebih baik, katanya.

Selain kualitas yang mumpuni, kopi yang dikembangkan ini juga memiliki keunggulan lain. Salah satunya cocok untuk lahan kering atau dataran rendah. (far/r8)

Artikel Asli