Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Menkominfo: Masyarakat Harus Siap

Nasional | apahabar.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 15:55
Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Menkominfo: Masyarakat Harus Siap

apahabar.com, JAKARTA Menkominfo Johnny G Plate mengatakan, pemerintah tengah menyusun strategi jangka panjang untuk mengantisipasi kemungkinan Covid-19 akan tetap ada dalam waktu lama.

Menurut dia, pilihan terbaik bagi masyarakat saat ini adalah tetap berdisiplin dan membiasakan diri dengan protokol kesehatan sebagai jalan menuju tatanan kehidupan baru.

Negara lain termasuk Indonesia, bersepakat bahwa langkah-langkah untuk hidup berdampingan dengan virus corona secara jangka panjang harus disiapkan.

Transisi dan adaptasi untuk hidup bersama Covid-19 ini memang harus dipersiapkan. Karena itu, sambil terus mengevaluasi penerapan PPKM Berlevel, pemerintah menyusun dan menerapkan sejumlah protokol kesehatan sebagai bagian dari strategi ke arah sana. Tujuannya, agar kita dapat menyeimbangkan kehidupan yang sehat namun juga tetap berdaya dalam kegiatan ekonomi dan sosial, kata Johnny dalam keterangannya, Rabu (1/9/2021).

Menurut dia, sebagai salah satu bentuk upaya, pemerintah memprioritaskan pelaksanaan protokol kesehatan di ruang atau fasilitas publik, seperti; tempat perdagangan, transportasi, destinasi pariwisata, kantor, lokasi ibadah, dan tempat pendidikan.

Menurutnya, penyusunan protokol kesehatan di masing-masing ruang/fasilitas publik melibatkan pihak pemangku kepentingan terkait.

Setiap protokol kesehatan didasarkan pada 3 standar, yaitu standar jumlah, aktivitas, dan perilaku.

Selain protokol kesehatan, selanjutnya pemerintah juga terus meningkatkan implementasi berbagai strategi pengendalian pandemi, sepert deteksi, terapeutik, dan vaksinasi.

Seluruh upaya dijalankan secara bersamaan, tidak ada yang lebih didahulukan daripada yang lain. Pemerintah juga berkomitmen akan senantiasa memantau kondisi pandemi COVID-19 secara aktual, agar bisa mengambil kebijakan yang tepat baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi, kata Johnny.

Agar Masyarakat Aman

Johhny mengatakan, semua ini diterapkan untuk masyarakat aman terlebih bisa berdampingan dengan virus Corona.

Intinya, strategi ini harus diimplementasikan demi keamanan kita semua, juga orang-orang yang kita kasihi. Karena itu, pemerintah mengharapkan dukungan masyarakat, dengan cara terus disiplin protokol kesehatan, ikut vaksinasi, dan mempersiapkan diri menuju tatanan hidup baru, yakni hidup bersama Covi-19, kata dia.

Artikel Asli