Dukung PTM, Vaksinasi Covid-19 Sasar Pelajar Sleman

Nasional | radarjogja | Published at Rabu, 01 September 2021 - 15:57
Dukung PTM, Vaksinasi Covid-19 Sasar Pelajar Sleman

RADAR JOGJA- Sebagai salah satu skema upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di Jogjakarta dan mendukung persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) oleh pemerintah. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM Jogjakarta, menggelar vaksinasi pelajar.

Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan SDM FKKMK UGM Hera Nirwati menuturkan vaksinasi dengan sasaran pelajar berlangsung hingga 20 September 2021. Khususnya para pelajar di wilayah Kabupaten Sleman. Berlangsung setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu di Grha Saba Pramana UGM.

Memang salah satunya untuk pelajar di Kabupaten Sleman. Sasarannya usia 12 tahun keatas dan sekolah di kabupaten Sleman, jelas Hera Nirwati ditemui di lokasi vaksinasi, Rabu (1/9).

Bukan tanpa alasan menjadikan pelajar sebagai salah satu sasaran vaksinasi. Berdasarkan data Dinas Kesehatan, capaian vaksinasi di kalangan pelajar masih rendah. Sehingga diantisipasi dengan vaksinasi di Grha Saba Pramana UGM.

Hera tak menampik tujuan vaksinasi untuk membentuk herd imunity. Setidaknya dengan vaksin, para siswa dapat merasa lebih aman dan nyaman. Terutama saat PTM mulai berlangsung di Jogjakarta.

Cakupan vaksinasi pelajar masih rendah. Lalu ini juga antisipasi kegiatan yang nantinya luring (PTM) atau blended. Kami bantu, targetnya sebelum 20 September cakupan menjadi sangat tinggi sehingga bisa membuka PTM dengan aman dan nyaman, kata Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan SDM FKKMK UGM Hera Nirwati.

Vaksinasi kali ini juga berlangsung secara Drive thru. Penerima vaksin tidak perlu turun dari kendaraannya masing-masing. Cukup menunjukan bukti pendaftaraan vaksinasi.

Untuk kali ini FKKMK UGM menyediakan 3.000 dosis vaksin Sinovac perhari. Selain pelajar, vaksin juga menyasar mahasiswa UGM dan masyarakat umum. Berlangsung setiap Senin, Rabu dan Sabtu hingga 20 September 2021.

Drive thru agar vaksinasi lebih cepat. Tidak perlu antri terlalu lama dan mencegah adanya kerumunan. Standar prosedur mengikuti yang sudah ditetapkan, ujarnya.

Antrian pelajar terlihat membaur dengan mahasiswa dan masyarakat. Seluruhnya tetap di kendaraan masing-masing saat menerima vaksin. Baik diatas kendaraan bermesin roda dua maupun roda empat.

Salah satunya adalah siswi SMAN 1 Tempel Sleman Asih Tri Lestari. Diantar kakaknya, dia ikut mengantri vaksin dengan sepeda motor. Keduanya juga tetap diatas jok motor saat masa observasi.

Senang akhirnya sudah vaksin. Persiapan untuk PTM, sudah kangen sekolah, katanya singkat.(dwi/sky)

Artikel Asli