PAN Usung Zulkifli Hasan sebagai Capres 2024, DPD PAN Kota Malang Konsolidasi Internal

Nasional | jatimtimes.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 15:37
PAN Usung Zulkifli Hasan sebagai Capres 2024, DPD PAN Kota Malang Konsolidasi Internal

JATIMTIMES - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Zulkifli Hasan akan diusung menjadi calon presiden (capres) ataupun calon wakil presiden (cawapresi) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi pasca-selesainya rangkaian kegiatan Rakernas Ke-II PAN di Rumah PAN, Jakarta Selatan, pada Selasa (31/8/2021).

"Memang benar bahwa di rakernas sebagian besar ketua DPW seluruh Indonesia mengusulkan Bang Zul (Zulkifli Hasan) maju dalam pencalonan di Pilpres 2024," ujarnya, Rabu (1/9/2021).

Alumnus Universitas Udayana yang dulunya juga aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini mengatakan, Zulkiflli Hasan atau yang biasa disapa Zulhas ini dianggap sebagai tokoh politik yang memiliki integritas serta pengalaman di eksekutif. Maka dari itu, Zulhas dianggap pantas dan cocok untuk memenuhi persyaratan maju di kontestasi Pemilihan Umum 2024.

"Tetapi kemudian rakernas memutuskan untuk memberikan kewenangan penuh kepada ketua umum DPP PAN (untuk, red) memutuskan langkah-langkah strategis salam penentuan pasangan calon presiden atau calon wakil presiden di Pemilu 2024," ucapnya.

Namun, meskipun menjadi hasil dari Rakernas Ke-II PAN, pihaknya juga akan terus melihat perkembangan dinamika politik yang terjadi. Apalagi dalam rakernas ini, PAN telah memutuskan untuk bergabung dengan pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

"Namun hal itu tentu akan dilihat perkembangan dan dinamika politiknya. Situasi masih cair, longgar, dan banyak kemungkinan yang akan terjadi," katanya.

Sementara itu, menyikapi hasil Rakernas Ke-II PAN yang salah satunya akan mengusung Zulhas sebagai capres ataupun cawapres di Pemilu 2024, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kota Malang Lookh Makhfudz mengatakan, pihaknya akan gencar melakukan konsolidasi internal. "Yang jelas partai harus secara seksama menata struktur kebawah dan melakukan konsolidasi-konsolidasi internal," ujarnya.

Politisi PAN yang saat ini juga menjabat sebagai anggota Komisi B DPRD Kota Malang ini juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan jelang verifikasi faktual yang direncanakan akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022.

"Karena DPD PAN Kota Malang saat ini sudah menyelesaikan musyawarah cabang dan musyawarah ranting. Artinya tinggal memaksimalkan untuk konsolidasi secara masif," ujarnya.

Lebih lanjut, dengan persiapan yang mulai disusun melalui penguatan konsolidasi internal DPD PAN Kota Malang dan beberapa waktu lalu, sempat terjadi misinformasi antara pengurus DPD PAN Kota Malang dengan para kader, Makhfudz mengaku sudah diselesaikan.

"Sudah final persoalan-persoalan. Sudah konsolidasi semua. Pak Eko juga turun. Semua turun untuk membuat langkah-langkah mencapai harapan. Jadi tagline kita, satu kata, satu hati, satu misi. Itu adalah statemen ketua DPW PAN Jawa Timur," pungkasnya.

Artikel Asli