HIMSI Study Club Rancang Prototipe Aplikasi Resep Makanan

Nasional | republika | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:51
HIMSI Study Club Rancang Prototipe Aplikasi Resep Makanan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor telah selesai melaksanakan kegiatan Study Club, pada Sabtu tanggal (28/8).

Dalam kegiatan itu, materi yang disampaikan mengarah pada materi tentang User Interface dan User Experience (UI/UX) desain dengan metode praktik pembelajarannya yaitu memahami sebuah studi kasus. Studi kasus yang diambil sebagai contohnya adalah membuat prototype aplikasi resep makanan.

Acara ini diselenggarakan secara offline, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan membatasi peserta maksimal 15 orang. Kegiatan Study Club ini berlokasi di Teras Sentul Gerbang Sentul Estate, Jalan Raya Sirkuit Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Acara ini dimulai dengan pembukaan dan sambutan, dan dilanjutkan penjelasan materi yang disampaikan oleh Yoghi Octapiansyah selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Universitas BSI Kampus Bogor Periode 2021 dan juga seorang Praktisi Web Developer dan UI/UX Enthusiats.

Menurut Yoghi, tujuan diselenggarakan Study Club ini agar para peserta kegiatan memiliki keahlian pada UI/UX desain dalam pembuatan prototype, terutama dalam pembuatan prototype Aplikasi Resep Makanan.

Melalui pemaparannya, Yoghi menjelaskan secara rinci mengenai cara pembuatan prototype melalui aplikasi sebuah resep makanan. Dalam kegiatan Study Club ini, materi yang disampaikan dimulai dari dasar atau fundamental User Interface dan User Experince hingga menuju tahap praktiknya yaitu memahami sekaligus mengerjakan salah satu contoh studi kasus dari pembuatan prototype Aplikasi Resep Makanan, ungkap Yoghi.

Dengan penyelenggaraan acara ini, ia berharap para peserta dapat mengetahui sekaligus mempraktikkan design. Dengan diterapkannya studi kasus dalam pembelajaran tersebut, peserta dapat memahami dengan baik sekaligus dapat mengimplementasikan rancangannya dengan baik dan benar. Sehingga keahlian dari User Interface dan User Experience telah dimiliki oleh peserta dari kegiatan Study Club ini, tutur Yoghi.

Artikel Asli