Sosok Anas Fauzi, penghulu viral beri pesan nikah dengan selipan humor

Nasional | brilio.net | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:17
Sosok Anas Fauzi, penghulu viral beri pesan nikah dengan selipan humor

Brilio.net - Tugas seorang penghulu bukan hanya menikahkan pengantin pria dengan wanita. Tetapi juga memberikan nasihat atau pesan moral agar pengantin tersebut bisa menjadi pasangan yang diberkahi. Itu kenapa saat momen akad, terkadang penghulu tersebut akan menyampaikan beberapa pesan kepada pengantin dan tamu undangan.

Seperti yang dilakukan oleh seorang penghulu asal Malang berikut ini. Sosoknya menjadi viral di media sosial setelah memberikan petuah kepada mempelai pria pada momen akad pernikahan.

Momen itu diunggah oleh TikTok @antzcreator, pada Jumat (27/8) kemarin. Setelah melaksanakan ijab kabul, sang penghulu memberikan pesan pernikahan agar selalu berbakti kepada orang tua, khususnya ibu.

@antzcreator

Cah Ganteng, Pengen kaya?? ##wedding ##weddingtiktok ##weddingday ##akadnikah ##nikahmuda ##AirfryerMaster ##weddingvideo ##fyp

original sound - Wedding Storytellers

Lihat disini

Video yang telah ditonton 6,5 juta kali itu rupanya menarik perhatian Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Ia memuji nasihat sang penghulu lewat cuitan Twitter-nya.

foto: Twitter/@YaqutCQoumas

Dia adalah Anas Fauzi, penghulu yang bertugas di Kantor Urusan Agama (KUA) Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Anas tak menyangka potongan video pesan pernikahan darinya itu sampai menarik Menteri Agama, Yaqut Cholil.

" Alhamdulillah saya benar-benar tidak menyangka video itu sampai dibagikan oleh Gus Menag. Padahal saya hanya menjalankan tugas dan diniatkan karena Allah SWT ," kata Anas dikutip brilio.net dari website resmi kemenag, Rabu (1/9).

Bagi pria lulusan Program Doktoral Pendidikan Islam Multikultural Universitas Islam Malang, viralnya video tersebut adalah rida dan pemberian dari Tuhan Yang Maha Esa.

foto: TikTok/@antzcreator

" Video tersebut viral karena ada salah satu warga yang merekam. Dirasa menarik, warga itu menyebarkannya ke media sosial. Bagi saya, ini viral karena rida dan pembagian dari Allah SWT. Suatu saat nanti, insyaallah teman-teman penghulu yang lain mendapatkan kesempatan yang sama ," jelasnya.

Memberikan pesan pernikahan sebelum ijab adalah kebiasan Anas. Ia selalu menyisipkan pesan moral selama 10 menit untuk pengantin dan tamu undangan yang hadir.

" Setiap selesai melayani akad nikah, saya selalu menyiapkan waktu 10 menit untuk memberi pesan-pesan moral kepada kedua mempelai, saksi yang hadir baik dari keluarga maupun kalangan masyarakat, sehingga bisa bermanfaat bagi semua ," imbuhnya.

foto: TikTok/@antzcreator

Sudah 12 tahun Anas berprofesi sebagai seorang penghulu. Ia bertugas di 8 wilayah yang tersebar di Kabupaten Malang dan Kota Malang.

" Saya sudah bertugas di 8 kecamatan dan banyak pengalaman yang saya ambil. Dari 8 kecamatan tersebut, 7 di antaranya di Kabupaten Malang, dan yang sekarang di Kota Malang. Misi kita hanya satu, membuat layanan di Kementerian Agama menjadi yang terbaik. Itu harapan kita semua ," ujarnya.

Pria berusia 51 tahun itu tidak pernah membedakan pasangan pengantin yang satu dengan lainnya, karena baginya semua orang berhak mendapat pesan moral yang baik. Ia hanya menjalankan tugas dan memberikan pelayanan terbaik bagi para pengantin yang akan dinikahkan.

Artikel Asli