Biden Serukan Taliban Penuhi Janji-janji Usai Tentara AS Ditarik

Nasional | apahabar.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:26
Biden Serukan Taliban Penuhi Janji-janji Usai Tentara AS Ditarik

apahabar.com, WASHINGTON DC Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menegaskan bahwa pemerintahannya akan mengambil langkah-langkah untuk memastikan kelompok Taliban memenuhi janji dan komitmen mereka, termasuk memberikan jalur aman bagi siapa saja yang ingin meninggalkan Afghanistan.

Lansir Detik.com dari CNN, Rabu (1/9/2021), Biden membahas soal resolusi yang baru diloloskan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) terkait situasi Afghanistan. Resolusi itu menyerukan pembentukan jalur aman bagi orang-orang yang ingin pergi dari bandara Kabul.

Itu mengirimkan pesan jelas tentang apa yang diharapkan komunitas internasional dari Taliban untuk mampu bergerak maju, khususnya, kebebasan perjalanan, kebebasan untuk pergi, ucap Biden.

Bersama, kita bergabung dengan lebih 100 negara yang bertekad memastikan Taliban memenuhi komitmen-komitmennya. Itu akan mencakup upaya berkelanjutan di Afghanistan untuk membuka kembali bandara juga rute darat, memungkinkan keberangkatan lanjutan untuk mereka yang ingin pergi, dan memberikan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan, imbuhnya.

Disebutkan juga oleh Biden bahwa Taliban juga menyampaikan komitmen publik yang disiarkan televisi dan radio di seluruh Afghanistan soal jalur aman untuk siapapun yang ingin pergi, termasuk mereka yang pernah bekerja dengan AS.

Kita tidak menilai mereka hanya dengan kata-kata mereka, tapi dengan tindakan mereka. Dan kita memiliki pengaruh untuk memastikan komitmen-komitmen itu dipenuhi, tandasnya.

Biden sebelumnya menegaskan komitmen untuk mengevakuasi warga AS, maupun warga Afghanistan dan warga negara lainnya, yang masih berada di Afghanistan setelah seluruh tentara AS ditarik.

Biden menyatakan AS akan terus melanjutkan upaya-upaya diplomatik untuk mengevakuasi mereka yang tertinggal, tanpa batas waktu.

Artikel Asli