7 Cara jitu Mona Ratuliu agar anak nggak bosan saat MPASI

Nasional | brilio.net | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:30
7 Cara jitu Mona Ratuliu agar anak nggak bosan saat MPASI

Brilio.net - Anak yang sudah mulai MPASI adalah PR tersendiri bagi para orang tua. Apalagi ketika anak mudah bosan dan jenuh dengan menu MPASI dan membuat makanan tidak dihabiskan.

Tentu saja ibu menginginkan anaknya untuk banyak makan agar tubuh sang buah hati sehat dan gizinya terpenuhi. Bagi ibu yang memiliki kendala saat MPASI karena anak mudah bosan, kamu bisa mencoba cara Mona Ratuliu.

Cara yang dilakukan istri Indra Brasco ini bisa membantu mengatasi kendala saat anak sedang di masa MPASI. Untuk lebih amannya, kamu juga bisa meminta saran terlebih dahulu dengan dokter seperti yang dilakukan Mona Ratuliu.

Lalu, bagaimana cara jitu Mona Ratuliu untuk mengatasi anak yang mudah bosan saat MPASI? Berikut Brilio Food telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (1/9).

1. Buat jadwal lapar dan kenyang bayi.

foto: pixabay.com

Kamu bisa membuat jadwal saat bayi lapar dan bayi kenyang. Untuk hal tersebut, kamu juga bisa menanyakan pada orang lain. Namun menurut Mona jangan dicontoh mentah-mentah, cukup jadikan referensi.

2. Sabar ikuti proses makan anak.

foto: pixabay.com

Sebagai ibu harus mengikuti setiap proses anak makan. Ada anak yang proses makannya mulai dengan sedikit-sedikit. Menurut Mona, jangan paksa bayi untuk makan dengan alasan khawatir kurang makannya. Sebab, setiap anak berbeda.

3. Minimalkan gangguan.

foto: pixabay.com

Saat sedang makan, minimalkan gangguan anak seperti televisi, gadget, dan mainan-mainannya. Hal tersebut bisa mengganggu konsentrasi anak saat makan dan membuatnya mudah bosan.

4. Kontak mata dan tersenyum.

foto: pixabay.com

Menurut model dan juga pembawa acara ini, jadikan MPASI sebagai proses yang menyenangkan. Lakukan kontak mata dan tersenyum dengan anak.

5. Batasi waktu makan.

foto: pixabay.com

Mona Ratuliu disarankan oleh dokter untuk membatasi waktu makan pada anak. Menurut dokter, batasi waktu makan anak hanya 30 menit.

6. Langsung sudahi makan saat tidak habis.

foto: pixabay.com

Jika anak sudah ada sinyal tidak menghabiskan makan, lebih baik langsung sudahi saja. Jangan cicil makan di luar jadwal karena akan membuat anak kenyang saat masuk di jadwal makannya nanti.

7. Kenali mood anak.

foto: pixabay.com

Agar anak lahap saat makan, kamu perlu mengenal moodnya. Setiap anak memiliki mood yang berbeda-beda. Contohnya, saat baru bangun tidur siang anak akan kurang mood makan.

Artikel Asli