Rusun Nagrak dan Pasar Rumput Dikosongkan dari Pasien Covid

Nasional | republika | Published at Rabu, 01 September 2021 - 13:51
Rusun Nagrak dan Pasar Rumput Dikosongkan dari Pasien Covid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Susun (Rusun) Nagrak serta Pasar Rumput yang merupakan lokasi isolasi bagi pasien Covid-19 telah dikosongkan sejak 30 Agustus 2021. Kini statusnya hanya disiagakan.

"Tidak ditutup, tapi dikosongkan karena pasiennya sudah tidak ada," kata Kabag Humas RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Mintoro Sumego saat dihubungi di Jakarta, Rabu (1/9).

Saat ini, kata Mintoro, untuk sementara di dua lokasi tersebut tidak ada lagi perawatan pada pasien Covid-19. Jika ada pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan bisa langsung mendatangi Wisma Atlet Kemayoran.

"Tenaga kesehatan di sana juga sudah digeser semuanya ke Wisma Atlet," ucap Mintoro.

Keterisian ruang perawatan di Wisma Atlet Kemayoran juga sudah menurun menjadi hanya sekitar 1.055 tempat tidur terisi atau 13 persen dari kapasitas total.

"Kemarin sempat 15 persen ketika ada yang dari Pademangan direpatriasi ke Wisma Atlet, sekarang sudah pada sembuh pasiennya dan saat ini kami juga menerima yang isolasi tanpa gejala," kata Mintoro.

Meski demikian, Mintoro mengatakan, Rusun Nagrak dan Pasar Rumput tetap disiagakan untuk mengantisipasi jika keadaan Covid-19 kembali memburuk seperti pada Juli 2021.

"Saat ini hanya dilakukan penjagaan saja. Fasilitas itu (Rusun Nagrak dan Pasar Rumput) tidak ditutup, tetap kami siagakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan kembali," kata Mintoro.

Artikel Asli