Keren, Mahasiswa Unram Juara Nasional Debat Bahasa Inggris

Nasional | lombokpost | Published at Rabu, 01 September 2021 - 13:40
Keren, Mahasiswa Unram Juara Nasional Debat Bahasa Inggris

MATARAM Tiga mahasiswa Universitas Mataram (Unram) meraih juara 1 nasional pada ajang Lomba Debat Bahasa Inggris atau National University Debating Championship(NUDC). Lomba diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek, 24-30 Agustus 2021.

Keberhasilan M Iwan Suriadi dari Fakultas Pertanian, Anisya Alistasya dari Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri (Fatepa), dan Ririn Hidayati dari Ilmu Komunikasi mendapat apresiasi Rektor Prof H Lalu Husni.

Selamat atas prestasi kalian yang luar biasa, telah mengharumkan nama Universitas Mataram di kancah nasional, ujarnya.

Ananda akan menjadi delegasi Indonesia pada ajang internasional, mengikuti debat tingkat dunia World University Debating Championship (WUDC), kata Husni.

Rektor ke-9 itu berharap mereka terus memperbanyak latihan. Sesuai kebijakan kampus, mahasiswa yang memiliki prestasi tingkat nasional akan diberikan pembebasan UKT satu semester.

Kita berikan juga uang pembinaan sebagai penghargaan kepada adik-adik yang telah sukses, tuturnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Enny Yuliani juga menungkapkan kebanggannya. Mahasiswa yang ikut ini sudah melewati berbagai tahap, sampai pada akhirnya grand final bersama UNDIP, Universitas Atmajaya, dan Universitas Surabaya.

Ibu bangga dan terima kasih juga atas dukungan dari Bapak rektor, katanya.

Universitas Mataram bersaing dengan 112 tim terbaik seluruh Indonesia. Setiap tim terdiri dari dua orang debater dan satu orang N1 adjudicators. Perjuangan M Iwan dan kawan-kawan menjadi Juara 1 Nasional tidaklah mudah. Iwan sapaan akrabnya bahkan sampai menunda skripsinya demi mengikuti NUDC ini.

Tahun lalu saya tidak bisa mengikuti lomba, tapi saya punya cita-cita utk juara nasional, kata Iwan.

Annisa mengatakan sejak lama sudah tertarik bidang debat. Menurutnya bidang debat ini tidak hanya menuntut pintar dan bisa berbahasa Inggris. Akan tetapi bagaimana memahami perbedaan antara dua sudut pandang. Ririn selaku N1 adjudicators juga mengungkapkan kebanggaannya menjadi bagian dari tim juara.

Nantinya empat tim terbaik di grand final kategori open-draw diprioritaskan mewakili Indonesia di Zagreb, Kroasia. (nur/r9/*)

Artikel Asli