Indonesia Targetkan Pusat Produsen Produk Halal Dunia di Tahun 2024

Nasional | rmol.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 13:27
Indonesia Targetkan Pusat Produsen Produk Halal Dunia di Tahun 2024

RMOL.Sertifikasi halal sebagai salah satu syarat wajib bagi produk untuk dapat diterima di negara-negara tujuan ekspor, khususnya di negara berpenduduk mayoritas muslim. Negara-negara seperti anggota OKI merupakan potensi strategis bagi produk halal Indonesia.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi saat menjadi pembicara kunci dalam webinar bertajuk "Sertifikasi Halal dan Perpanjangannya di Masa Pandemi" pada Rabu siang (1/9).

"Berdasarkan data OIC Econonic Outlook 2020 diantara negara-negara anggota OKI Indonesia menjadi eksportir produk muslim terbesar kelima dengan proporsi 9,3 persen," kata Zainut Tauhid.

Menurutnya, Indonesia dengan berbagai potensi dan modal halal yang dimiliki patut optimis untuk menjadi peringkat pertama.

Terlebih, kata dia, saat ini BPJPH bersama Kemendag dan Bea Cukai juga tengah melakukan koordinasi pembenahan kodifikasi produk halal Indonesia.

"Kementerian agama bersama BPJPH juga terus melakukan akselerasi menyiapkan infrastruktur yang mendukung terwujudnya Indonesia sebagai pusat produsen produk halal dunia tahun 2024," tutupnya.

Turut hadir dalam webinar tersebut antara lain Plt Kepala BPJPH Mastuki, Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah, Ketua MUI Sholahudin Al Aiyub dan Direktur LPPOM MUI Muti Arintawati. []

Artikel Asli