Menimbang Panglima TNI Baru, Senior Demokrat Punya Dua Alasan Andika Perkasa Paling Menonjol dari Tiga Kepala Staf

Nasional | rmol.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 13:21
Menimbang Panglima TNI Baru, Senior Demokrat Punya Dua Alasan Andika Perkasa Paling Menonjol dari Tiga Kepala Staf

RMOL.Komisi I DPR RI masih menantikan pengajuan nama calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun.

Marsekal Hadi akan pensiun tepat di hari ulang tahun ke-58 pada 8 November 2021.

Anggota Komisi I DPR RI, Syarief Hasan mengatakan, parlemen prinsipnya menantikan pengajuan nama dari Presiden Joko Widodo untuk dilanjutkan pada uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test.

"Ini kan hak prerogatif presiden siapa yang akan diajukan ke komisi I untuk menjalani fit and proper test," ujar Syarief Hasan di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/9).

Meski begitu, Syarief punya preferensi pribadi soal siapa yang pas menjadi Panglima TNI di antara tiga kepala staf. Menurutnya, saat ini Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menjadi yang paling unggul di antara nama lain.

"Dari tiga kepala staf, memang yang menonjol sekarang itu Pak Andika. Sangat menonjol sekali kinerja dan performanya," katanya.

Politisi senior Partai Demokrat ini melihat, ada dua alasan yang membuat Jenderal Andika menonjol. Keberhasilan meningkatkan skill prajurit dan melakukan pembenahan SDM di lingkungan angkatan darat.

"Sekalipun kepala staf yang lain melakukan hal yang sama, tapi memang Pak Andika performsekali," pungkasnya. []

Artikel Asli