BSNP Berubah Menjadi Dewan Pakar Standar Nasional Pendidikan

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 01 September 2021 - 13:30
BSNP Berubah Menjadi Dewan Pakar Standar Nasional Pendidikan

JawaPos.com Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah resmi dibubarkan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pun mengalihfungsikan BSNP menjadi Dewan Pakar Standar Nasional.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, Anang Ristanto mengatakan alihfungsi ini dilakukan guna memastikan keberlanjutan keterlibatan publik dalam perumusan kebijakan terkait standar nasional pendidikan.

Dewan tersebut akan bertugas memberi pertimbangan kepada Mendikbudristek mengenai standar nasional pendidikan, terang dia, Rabu (1/9).

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membantah telah melanggar Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas). Hal ini terkait dengan pembubaran Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) resmi dibubarkan.

Ia menuturkan bahwa pihaknya tidak melanggar Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas). Penggabungan badan standarisasi pendidikan yang kini berada dibawah Kemendikbudristek tidak menyalahi aturan.

Adapun, amanat kemandirian yang tercantum dalam UU Sisdiknas Pasal 35 ayat 3, kata dia bukan di maksudkan untuk badan standarisasi pendidikan, namun lebih kepada badan akreditasi pendidikan.

Pasal 35 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang UU Sisdiknas mengatur bahwa pemantauan dan pelaporan pencapaian standar nasional pendidikan secara nasional dilaksanakan oleh suatu badan standardisasi, penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan. Badan sebagaimana di maksud pada UU Sisdiknas tersebut adalah badan akreditasi, pungkas Anang.

Artikel Asli