Jenderal Kelahiran Medan Ini Ternyata Lulusan Terbaik Akmil di Angkatannya, Kini Ia Komandan Puspenerbad

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 13:25
Jenderal Kelahiran Medan Ini Ternyata Lulusan Terbaik Akmil di Angkatannya, Kini Ia Komandan Puspenerbad

JAKARTA - Dia lahir di Medan, Sumatera Utara pada 20 April 1968. Sejak 22 April 2020 dia dipercaya untuk memegang posisi sebagai Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Danpuspenerbad).

Pangkatnya saat ini Mayor Jenderal (Mayjen)alias jenderal bintang dua. Dia juga bukan perwira biasa saja. Tapi salah satu jenderal cerdas. Sebagai bukti, dia adalah lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) di angkatannya. Angkatan tahun 1991. Peraih penghargaan bergengsi Adhi Makayasa. Penghargaan untuk lulusan terbaik Akmil.

Siapa jenderal kelahiran Medan lulusan terbaik Akmil di angkatannya itu? Dia adalah Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso. Ya, Mayjen Teguh Pudjo Rumekso memang lahir di Medan, Sumatera Utara.

Beberapa jabatan di TNI pernah dipegangnya. Mayjen Teguh pernah menjabat sebagai Kasdim 0418 Palembang pada tahun 2004. Kemudian menjadi Kasi Intel Korem 091 Aji Surya Natakesuma pada tahun 2006, setelah sebelumnya sempat jadi pejabat sementara di posisi yang sama.

Jabatan lain yang pernah dipegang jenderal kelahiran Medan ini adalah Danyonif 623 Bhakti Wira Utama. Dia juga pernah jadi Dandim 0904 Tanah Grogot pada tahun 2009.

Pada tahun 2010 ia ditugaskan di Paspampres untuk menjabat sebagai Wadan Grup B Paspampres. selepas tugas di Paspampres, Mayjen Teguh menjadi Asops Kasdam Mulawarman. Jabatan Asops Kasdam Mulawarman mulai dipegangnya pada tahun 2011.

Pada tahun 2014, ia kembali bertugas di Istana menjadi Pejabat Utama Biro Pengamanan Setmil Presiden. Lalu padatahun 2016, dia diangkat jadi Danrem 172 Praja Wira Yakthi. Masih di tahun 2016, Mayjen Teguh didapuk jadi Wadan Pussenif Kodiklatad.

Setelah itu, sekitar tahun2017, ia kembali ditugaskan ke Kodam Mulawarman untuk memegang posisi sebagai Kasdam Mulawarman. Pada tahun 2018, ia dapat penugasan baru. Dipromosikan menjadi Danpussenif Kodiklatad. Dan, pada tahun2020, Mayjen Teguh kembali dapat posisi baru. Didapuk menjadiKomandan Puspenerbad.

Artikel Asli