Vaksinasi Covid-19 Sebagai Bentuk Bela Negara

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 13:19
Vaksinasi Covid-19 Sebagai Bentuk Bela Negara

JAKARTA - Vaksinasi Covid-19 merupakan bentuk bela negara. Hal tersebut ditegaskan pengurus Dewan Pimpinan Provinsi Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) DKI Jakarta Arifin Laisa.

"Salah satu bentuk bela negara di masa pandemi Covid-19 adalah ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi untuk membentuk ketahanan komunitas," kata Arifin seperti dikutip dari keterangan Humas Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) yang diterima Koran Jakarta , Rabu (1/9).

Arifin menambahkan sebagai Menwa, pihaknya memang selalu bermitra dengan berbagai pihak, seperti TNI, Polri, perguruan tinggi dan pihak lainnya. Dan, di masa pandemi Covid-19 ini, pihaknya merasa terpanggil untuk ikut berkontribusi menolong masyarakat.

"Menwa memiliki motto Widya Castrena Dharma Siddha yang artinya penyempurnaan pengabdian dengan ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan. Motto tersebut menjadi pedoman Menwa dalam membela negara," katanya.

Menurut Arifin, motto tersebut juga terasa sangat pas untuk bekerja sama dengan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ). Termasuk dalam mendukung program vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah.

"Kami selalu mendorong perguruan tinggi yang ada di Indonesia, seperti UPNVJ, karena perguruan tinggi adalah kekuatan kita bersama untuk saling bekerja sama dalam program vaksinasi ini," tuturnya.

Kata Arifin, UPNVJ telah berhasil menyelenggarakan beberapa kali kegiatan vaksinasi. Ia juga memuj cara berkomunikasi dan tata kelola tim vaksinasi UPVNJ dengan seluruh pihak yang terlibat.

"Kesuksesan ini juga di luar ekspektasi kita semua. Semoga kedepan kita bisa membentuk herd community sehingga NKRI kita bisa kembali sehat," katanya.

Seperti diketahui, UPVNJ baru saja mengggelar kegiatan vaksinasi yang diadakan pada Sabtu (28/8) lalu di Kampus Pondok Labu. Kegiatan vaksinasi ini merupakan kerja sama UPNVJ dengan Polda Metro Jaya, Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) DKI Jakarta, Resimen Mahasiswa (Menwa) Jayakarta dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Kegiatan tersebut merupakan kegiatan vaksinasi yang ketiga kali diadakan di Kampus UPNVJ Pondok Labu. Selain itu, UPNVJ juga pernah mengadakan kegiatan vaksinasi bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi," kata Humas UPNVJ dalam keterangannya.

Artikel Asli