ADB Tunjuk Country Director Baru untuk Indonesia

Nasional | wartaekonomi | Published at Rabu, 01 September 2021 - 12:38
ADB Tunjuk Country Director Baru untuk Indonesia

Asian Development Bank (ADB) telah menunjuk Jiro Tominaga sebagai Country Director untuk Indonesia. Tominaga akan memimpin operasi ADB di Indonesia, mengelola hubungan ADB dengan pemerintah dan mitra pembangunan, serta mengawasi implementasi strategi kemitraan negara ADB 2020-2024.

"ADB adalah mitra pembangunan jangka panjang Indonesia. Saya berharap dapat membangun kemitraan kami yang kuat dan bekerja sama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendukung agenda pembangunan negara," kata Tominaga dalam keterangan tulisnya kepada Warta Ekonomi pada Rabu (1/9).

Tominaga mengungkapkan prioritas utamanya saat ini adalah membantu Pemerintah Indonesia dalam mengatasi dampak kesehatan, ekonomi, dan sosial dari pandemi dalam jangka pendek dan menengah.

Tominaga merupakan warga negara Jepang dan bergabung dengan ADB pada 2015. Dia adalah Direktur Strategi, Kebijakan, dan Proses Bisnis ADB, dan sebelum itu, Spesialis Perencanaan dan Kebijakan Utama.

Tominaga memulai 30 tahun karirnya di Overseas Economic Cooperation Fund of Japan, sekarang Japan Bank for International Cooperation. Dia juga bekerja di Kementerian Keuangan Jepang dan Bank Dunia.

Tominaga menggantikan Winfried Wicklein yang telah mengambil alih sebagai Wakil Direktur Jenderal ADB untuk Asia Tenggara.

Artikel Asli