Selama PPKM Level 3 Volume Lalu Lintas Jakarta Naik 20 Persen

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 01 September 2021 - 11:53
Selama PPKM Level 3 Volume Lalu Lintas Jakarta Naik 20 Persen

JawaPos.com Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mencatat, ada kenaikan volume lalu lintas yang cukup signifikan selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di DKI Jakarta. Kepadatan lalu lintas mulai terjadi di sejumlah ruas jalan.

Selama PPKM Level 3 dibanding Level 4 tentu ada peningkatan-peningkatan kurang lebih hitung-hitungan kami antara 7 sampai 20 persen peningkatan PPKM Level 3 dibanding PPKM Level 4, kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (1/9).

Kendati demikian, kenaikan volume lalu lintas ini tidak setinggi saat PPKM Darurat atau PPKM Mikro diterapkan pada awal Juni 2021 lalu. Untuk mengantisipasi kepadatan itu, maka Ditlantas Polda Metro Jaya telah memberlakukan kembali sanksi tilang bagi pelanggar ganjil genap.

Kami akan melihat nanti bagaimana di akhir PPKM Level 3 minggu ini. Akan kami sampaikan lagi karena secara fakta di lapangan berdasarkan laporan anggota dan pantauan CCTV di beberapa ruas jalan Jakarta sudah mulai terjadi kepadatan-kepadatan khususnya pagi dan sore hari, jelas Sambodo.

Sebelumnya, DKI Jakarta masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 hingga 6 September 2021 mendatang. Sejalan dengan itu, Ditlantas Polda Metro Jaya juga memperpanjang kebijakan ganjil genap (gage) di tiga wilayah di ibu kota.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, mekanisme gage masih sama dengan pekan sebelumnya. Hanya saja, kali ini sudah mulai diberlakukan sanksi tilang, mulai pada 1 September 2021.

Artikel Asli