Ivan Gunawan Ungkap Rahasia Dunia Fashion Bisa Bertahan Selama Pandemi

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 01 September 2021 - 12:20
Ivan Gunawan Ungkap Rahasia Dunia Fashion Bisa Bertahan Selama Pandemi

JawaPos.com Desainer sekaligus presenter Ivan Gunawan memiliki kiat untuk bisa tetap bertahan selama pandemi Covid-19. Menurutnya salah satunya yakni desainer harus bisa lebih kreatif dalam berkreasi. Apalagi di era pandemi saat ini, untuk tampil gaya, setiap orang hanya perlu mengerti cara memadupadankan pakaian yang sudah ada di lemari mereka.

Dalam webinar bersama Bank DBS dengan tema #4Better demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik (#4Better Life), Managing Director, Head of Digital Banking, PT Bank DBS Indonesia Leo Koesmanto mengajak Ivan Gunawan untuk memberikan tips dan saran pada nasabah untuk bisa bertahan selama pandemi. Salah satu tipsnya adalah bijak mengatur pengeluaran.

Mencoba memberikan pengalaman yang menyenangkan (joyful experience) dalam memaksimalkan dana yang dimiliki sehingga dapat dikelola dengan lebih baik, katanya baru-baru ini.

Ivan Gunawan memberikan tips dalam sesi gaya berpakaian #4Better Style: Mix and match. Menurutnya, pengeluaran harus diupayakan lebih sedikit dari pemasukan. Untuk itu, dalam merencanakan dan mengalokasikan belanja kebutuhan juga harus benar-benar mempertimbangkan kondisi dan kemampuan keuangan.

Sering terjadi uang masuk kebutuhan banyak, eh tanggal 5 sudah habis. Makanya, jangan rencanakan kebutuhan yang banyak tapi keuangan enggak cukup. Ingat kita hidup harus napak bumi, harus bisa berdiri dengan kaki kita sendiri, ujar Ivan.

Menurut Ivan, punya uang banyak mungkin bisa membuat orang bahagia. Namun, setiap orang punya standar kebahagiaan masing-masing. Hal yang penting, menurutnya, adalah menjalani hidup sesuai kemampuan dan usahakan untuk berinvestasi.

Investasi sejak dini supaya nanti di usia tertentu kita bisa menikmati hasilnya, mungkin bisa keliling dunia, ke mana-mana mudah. Saya percaya banget sama yang namanya khayalan karena itu bisa membangun afirmasi positif, untuk menyemangati, kata Ivan.

Artikel Asli