Masuk Triwulan III Serapan Anggaran Masih rendah, DPRD Bulukumba Sorot Kinerja OPD

Nasional | bukamatanews | Published at Rabu, 01 September 2021 - 11:32
Masuk Triwulan III Serapan Anggaran Masih rendah, DPRD Bulukumba Sorot Kinerja OPD

BUKAMATA, BULUKUMBA - Salah satu tolok ukur keberhasilan pemerintahan, bisa dilihat dari serapan anggaran APBD sebuah daerah. Jika rendah, tak bisa dipungkiri jika pembangunan infrastruktur belum berjalan maksimal.

Hal itu terjadi di Bumi Panrita Lopi Bulukumba. Hingga triwulan ke III, serapan APBD Tahun 2021 masih jauh dari target Kementerian dalam Negeri (Kemendagri), 55 persen.

Hingga saat ini, serapan anggaran APBD Bulukumba, baru mencapai 39 persen. Kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dinilai belum maksimal. Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf diharap bisa mengintervensi bawahannya.

DPRD Kabupaten Bulukumba telah melakukan rapat internal untuk mengevaluasi kinerja sejumlah OPD. Hal ini dimaksud agar bisa mendorong OPD bekerja produktif.

Legislator Bulukumba Fraksi Golkar, Juandy Tendean berharap, Bupati harus menggenjot kinerja OPD, agar dapat merealisasikan program yang telah tertuang dalam APBD Tahun 2021.

Masyarakat saat ini kata Juandy, menunggu asas manfaat dari APBD Bulukumba. Terutama pada pembangunan infrastruktur hingga perbaikan layanan.

Meskinya, Covid-19, bukan menjalin tameng alasan untuk mewujudkan program prioritas, meski anggaran banyak direfocusing.

"Harus lebih kreatif memaksimalkan anggaran yang ada, lebih inovatif dan masyarakat harus tetap bisa merasakan manfaat di tengah pandemi ini," katanya.

Anggota Fraksi Partai Golkar ini mencontohkan Dinas Koperasi dan UMKM dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, diakui adalah OPD yang sangat penting perannya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Di mana OPD ini dengan intervensi yang maksimal serta pendampingan yang intens, JT yakin akan berdampak positif. Misalnya, lanjut dia, membranding Industri Kecil Menengah (IKM), maka akan berdampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi.

"Kemudian di PU dan PSDA misalnya kita meminta untuk menggenjot lagi kinerjanya. Baik itu program pembangunan, pemeliharaan, pelayanan, dan sebagainya, kita berharap warga bisa merasakan jalan aspal, irigasi yang baik untuk pertanian," pintanya.

Menyikapi hal itu, Bupati Bulukumba, H Andi Muchtar Ali Yusuf mengaku, tetap optimis serapan anggaran bisa mencapai terget.

"Saya sudah minta kepada OPD terkait untuk mengenjok realiasi pekerjaan, insya Allah kita bisa," singkatnya.

Terpisah, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi, Daud Kahal, menjelaskan berdasarkan keterangan pihak Bappeda, bahwa hingga kini realiasi serapan anggaran sudah mencapai 40 persen. Belum tercapainya terget karena memang dipengaruhi adanya refocusing anggaran akibat pandemi.

"Berdasarkan penjelasan Bappeda, bahwa program yang telah ditetapkan di APBD 2021, itu sementara disusun berdasarkan hasil rekofuscing di Perubahan nantinya, kita akan tetap laksanakan program sesuai tahapannya," katanya.

Artikel Asli