Guci Mulai Dibuka Terbatas Hari Ini, Pengunjung Dibatasi 1.000 Orang, Diutamakan yang Sudah Divaksin

Nasional | radartegal | Published at Rabu, 01 September 2021 - 11:10
Guci Mulai Dibuka Terbatas Hari Ini, Pengunjung Dibatasi 1.000 Orang, Diutamakan yang Sudah Divaksin

Obyek Wisata Guciakhirnya kembali dibuka Pemkab Tegal untuk masyarakat umum mulai, Rabu (1/9) hari ini. Meski begitu, wisatawan yang datang berkunjung ke obyek wisata favorit di Kabupaten Tegal itu dibatasi hanya 1.000 orang per harinya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Porapar) Kabupaten Tegal, Saidno mengatakanObyek Wisata Guci dibuka mulai tanggal 1-6 September. Sedangkan tanggal 7-nya, Guci kembali ditutup untukpenyemprotan disinfektan dan kesehatan lingkungan di sekitar obyek wisata pemandian air panas tersebut.

"Hari ini Guci dibuka untuk umum mulai pukul 07.00-16.00 WIB. Selain jumlah wisatawan dibatasi per hari 1.000 orang, dalam seminggu satu hari akan ditutup untuk sterilisasi " katanya, Rabu (1/9).

Ditambahkan Saidno, Rabu (8/9) nanti, Pemkab Tegal akan menunggu hasil evaluasi ujicobanya. Pada pembukaan terbatas ini, wisatawantidak dibatasi hanya yang berasal dari Kabupaten Tegal.

"Tapi diutamakan yang sudah vaksin, minimal dosis pertama. Petugas di lapangan dan pelaku usaha di dalam Obyek Wisata Guci akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ungkapnya.

Sebelumnya, Pemkab Tegal melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) akan melakukan uji coba pembukaan Obyek Wisata Guci, Senin (23/8) lalu.

Rencananya, simulasi bersyarat itu akan dihadiri Bupati Tegal, Umi Azizah dan Satgas Gugus Covid-19 Kabupaten Tegal. Menurut Kepala UPTD OW Guci, Ahmad Abdul Hasib, simulasi akan dimulai pukul 09.00 WIB dengan penerapan standard operational procedur (SOP) yang telah ditetapkan dan disosialisasikan kepada seluruh stakeholder.

Simulasi bersyarat, ungkap Hasib, sebagai ikhtiar untuk meyakinkan Pemprov Jawa Tengah dan Pemerintah Pusat, jika OW Guci sudah siap dibuka lagi. "Ini bagian dari ikhtiar kita agar ekonomi masyarakat sekitar bisa kembali pulih."

Dijelaskan Hasib, simulasi akan dilakukan satu jam, dan setelahnya akan dievaluasi Satgas Covid-19. "Kabupaten Tegal memang masih di level 3. Secara aturan belum bisa dibuka, tapi berupaya sepenuhnya demi bangkitnya perekonomian masyarakat," ujarnya lagi.

Untuk tahapan selanjutnya, tamban dia, jika Satgas Covid-19 menilai SOP prokes dapat dijalankan, baru akan dilanjutkan pembukaan bersyarat dan terbatas satu minggu dengan kapasitas maksimal 20 persen pengunjung dan akan ditutup setiap Ahad. (guh/zul)

Artikel Asli