Optimalkan Home Learning, Siap Belajar Tatap Muka

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 01 September 2021 - 11:15
Optimalkan Home Learning, Siap Belajar Tatap Muka

JawaPos.com Sudah lebih dari satu tahun ini, para siswa mengikuti pembelajaran dari rumah secara daring. Tak hanya murid, orang tua dan sekolah pun harus beradaptasi. Termasuk Sekolah Kristen (SK) Gloria yang segera menerapkan program Gloria Home Learning (GHL).

Menghadapi pembelajaran jarak jauh secara online , seluruh tim pengajar Sekolah Kristen Gloria cepat menyesuaikan diri dan melakukan update kemampuan teknologi. Mereka bahkan tulus bekerja ekstra dengan tetap melayani siswa di malam hari atau bahkan di hari libur.

Kepala Operasional SMP dan SMA Kristen Gloria Deborah Indriati mengatakan, GHL dapat terus berjalan dengan baik melalui kurikulum yang adaptif dan lentur. Kami berkomitmen agar kurikulum Sekolah Gloria menanamkan fondasi yang kuat dalam pendidikan karakter. Metode pembelajarannya pun dikemas kreatif sehingga tidak menurunkan kualitas pembelajaran, karakter, maupun capaian output yang diharapkan, papar Debby, panggilan akrabnya.

GHL menggunakan beragam metode belajar , dan memberikan ruang untuk siswa mampu belajar mandiri. Seperti flip learning , anak bisa mengambil teori pembelajaran dari berbagai sumber kemudian saling berdiskusi dalam kelas. Ada juga project based learning untuk menggali rasa ingin tahu anak, kerja sama, dan kemampuan komunikasinya. Dengan begitu anak nggak cepat bosan, tutur Debby.

Assessment tak terpaku hanya dari nilai ujian atau kuis. Melainkan berfokus pada proses belajar anak, bagaimana progresnya, serta apa yang perlu dievaluasi. Seluruh kegiatan belajar di SK Gloria mengacu pada enam core values . Yakni, godliness, lifelong learning, obedience, responsibility, integrity , dan adaptability .

Hasil belajar adalah kesatuan dari karakter dan kemampuan akademik. Mata pelajaran hanya jembatan untuk itu semua. Misalnya matematika mengajarkan anak untuk pantang menyerah, papar Debby yang merupakan Kepala SK Gloria 2.

Sekolah mengupayakan kondisi home learning sama dengan belajar di sekolah. Relasi dan komunikasi terus dibina. Keterlibatan dan interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran secara virtual selalu dikondisikan dalam setiap kegiatan belajar .

Kegiatan dan jadwal belajar pun tidak banyak berubah. Praktikum tetap dilakukan, rutinitas ibadah pun tetap ada. Kendati demikian anak diberi kesempatan untuk belajar mandiri dengan jadwal yang telah diatur sebelumnya. Siswa harus mematikan kamera untuk menghindari kelelahan mata.

Di samping itu teknologi tetap dimanfaatkan secara maksimal. Di antaranya, meluncurkan digital smart library serta layanan konseling online. Guru BK selalu siap mendampingi para siswa dan orang tua. Melalui perangkat teknologi, anak dikondisikan seolah tetap memiliki ruang untuk tetap berinteraksi dengan guru dan teman-temannya.

Tuai Komentar Positif Wali Murid
Tentu tidak ada hal baru yang mudah dilakukan. Tapi Gloria mampu dengan cepat beradaptasi dengan menyiapkan para guru dan infrastruktur untuk home learning. Namun yang terpenting, anak bisa tetap fokus dan berkomitmen selama pembelajaran, terang orang tua siswa SMAK Gloria Fanny Agustina.

Lebih lanjut, dalam kanal YouTube Sekolah Gloria, Fanny menceritakan anaknya mampu tetap berinteraksi secara optimal dengan teman dan para guru. Sekolah Gloria memberikan kesempatan kepada mereka untuk tetap berinteraksi seperti saat mereka bertatap muka, paparnya.

Sementara itu, orang tua siswa KB-TK juga merasa terbantu. Saya banyak dengar dari saudara dan teman-teman kalau sekolah online itu yang repot mamanya. Ternyata setelah saya jalani, SK Gloria sudah menyiapkan semuanya dengan baik. Bahan-bahannya kita tinggal ambil sehingga tidak memberatkan saya sebagai orang tua bekerja, cerita orang tua siswa KB Kristen Gloria Henny.

INTERAKTIF: Sekolah mengupayakan kondisi home learning sama dengan belajar di sekolah. Keterlibatan serta interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran virtual sellau dikondisikan dalam setiap kegiatan belajar. (Istimewa)

Siapkan Metode Hybrid Learning
Kementerian pendidikan dan kebudayaan mulai memberikan sinyal diselenggarakannya pembelajaran tatap muka. SK Gloria pun sudah menyiapkan diri untuk kembali bertemu murid dalam kelas. Salah satunya melalui metode hybrid learning . Siswa yang masih harus berada di rumah karena berbagai alasan tetap bisa menyaksikan proses belajar mengajar di sekolah.

Selain itu, semua guru dan staf SK Gloria sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap. Juga, sebagian besar siswa sudah divaksin dari hasil kerja sama sekolah dan berbagai instansi. Kami selalu memantau itu. Siswa yang belum divaksin karena masih di bawah usia 12 tahun, terang Ketua Satgas Covid-19 SK Gloria Ribka.

Saat ini, YPK Gloria sedang menyiapkan pembukaan sekolah barunya di wilayah Grand Pakuwon. Gloria Christian Bilingual School (GCBS) menjadi satu lagi pilihan sekolah Gloria yang menawarkan pendidikan yang holistik.

GCBS merupakan jawaban dari beragam masukan orang tua/wali murid. Pembukaan akan dimulai dari jenjang sekolah dasar.

Orang tua yang ingin mengetahui SK Gloria dapat memanfaatkan event open house yang berlangsung sejak 23 Agustus lalu. Tersedia dua metode, yakni online dan onsite (datang langsung ke sekolah). Anda bisa bertemu dan berbincang langsung dengan para guru dan kepala sekolah.

Kami sudah menyiapkan protokol kesehatan ketat. Sebaiknya orang tua melakukan RSVP dulu sebelum datang agar tidak berbarengan dengan jadwal keluarga lain. Selama open house, Gloria juga menyiapkan penawaran spesial untuk biaya sekolah dan bantuan keuangan bagi orang tua yang terdampak pandemi, terang Head of Public Relation & Admission YPK Gloria Krista Mariana. (nad/xav)

Artikel Asli