Cara Memperindah Tampilan Jendela di Rumah

Nasional | republika | Published at Rabu, 01 September 2021 - 11:08
Cara Memperindah Tampilan Jendela di Rumah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tampilan rumah yang menarik dapat membuat siapa pun senang melihatnya. Dari sekian banyak spot yang bisa ditata, salah satu area paling penting adalah bagian jendela.

"Jendela adalah titik fokus seperti perapian, tempat tidur, atau sofa, dan dapat mengubah ruangan secara total dengan menambahkan sentuhan gaya yang unik," kata Tina Barkway, direktur perdagangan di department store Norfolk, Aldiss, dilansir laman Edp , Rabu (01/9).

Berikut beberapa cara yang bisa Anda pelajari untuk memperindah ampilan jendela:

1. Tirai bermotif dan tirai bergaris

Tirai dan kerai berpola dapat menunjukan identitas atau kepribadian pemilik rumah. Pertimbangkan memilih gorden, kerai, atau keduanya, untuk kemudian menentukan gaya, warna, kain, dan semua ukuran yang tepat.

Jika ingin riasan jendela pas san sempurna dengan pernyataan gaya diri, cobalah memilih gorden dari berbagai gaya, kain, dan pelapis yang sesuai dengan kebutuhan. Baik Anda menginginkan tirai gulung anti tembus pandang untuk kamar tidur, atau tirai lubang gorden elegan untuk ruang tamu Anda, balutan jendela ukuran kami benar-benar dipesan lebih dahulu, sehingga Anda mendapatkan sesuatu yang unik yang tidak dimiliki orang lain di rumah mereka, jelas Tina.

Dia menyarankan untuk menggunakan kain bermotif jika pemilik rumah ingin menutupi pemandangan yang kurang menarik. Ketika memutuskan gaya gorden atau kerai, semuanya tergantung pada preferensi pribadi dan bagaimana ruangan didekorasi.

Jika pemilik rumah memilih wallpaper atau latar dinding yang tebal serta perabotan berwarna cerah, maka balutan jendela netral dapat meningkatkan tampilan keseluruhan. Jika dekorasi ingin lebih halus, kain bermotif dapat menyuntikkan kepribadian ke dalam ruang.

Jika ragu, pilihlah sesuatu yang lebih sederhana. "Garis halus atau tenunan bertekstur dapat membuat pernyataan yang sama jika Anda tidak yakin tentang menggunakan pola yang berani," ujarnya.

Tirai polos yang dipasangkan dengan kain bermotif bisa saling melengkapi dengan indah, sementara kain bermotif bisa menjadi pilihan cerdas jika ingin dijadikan pusat perhatian.

2. Memilih lapisan

Memilih lapisan yang tepat dapat meningkatkan efek keseluruhan dan fungsionalitas gorden atau kerai jendela. Tirai kedap cahaya menghalangi cahaya dari luar dan merupakan pilihan tepat untuk kamar tidur.

Sementara lapisan termal memberikan insulasi dan kehangatan tambahan, sehingga cocok untuk ruangan yang nyaman. Tirai tipis lebih dekoratif daripada praktis, tetapi dapat dipasangkan dengan kain atau kerai yang lebih tebal. Tirai ruang tamu beludru juga telah muncul kembali selama setahun terakhir.

3. Tren warna

Nuansa pedesaan adalah tren warna populer untuk musim gugur 2021. Lengkapi dekorasi jendela dengan warna bantal yang serasi, selimut, dan aksesori lainnya. Sementara balutan jendela abu-abu, krem, dan putih menciptakan riasan sederhana, tapi nuansa permata dan warna-warna yang lebih cerah kali ini menjadi tren interior musim gugur.

Hijau dan teal yang kaya dikombinasikan dengan warna pink atau pedesaan cocok di ruangan mana pun, sementara warna plum berpadu indah dengan abu-abu, merah muda, dan warna nude untuk memberikan kehangatan pada palet yang lebih dingin, kata Tina.

Warna biru klasik pilihan yang populer, seperti merah tua dan terakota juga menarik jadi alternatif. Warna yang terinspirasi dari alam menjadi tren besar saat ini dan sangat cocok untuk menggabungkan bagian luar dengan bagian dalam rumah.

4. Tips lainnya

Saat mendekorasi ulang teras atau pintu, Tina menyarankan untuk memperbaiki jalur gorden atau tiang agar melampaui jendela di kedua sisi. Ini berarti gorden dapat ditarik ke belakang untuk memanfaatkan pemandangan luar. Mengambil tiang di luar jendela dan menggantung tirai sepanjang lantai juga dapat mengubah bukaan sempit agar terlihat lebih lebar.

Artikel Asli