Mahasiswa Baru Diminta Beradaptasi Perkuliahan Daring

Nasional | republika | Published at Rabu, 01 September 2021 - 10:33
Mahasiswa Baru Diminta Beradaptasi Perkuliahan Daring

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Rektor Indonesia International Institute for Life Sciences (I3L) Iwan Surjawan mengajak mahasiswa baru untuk cepat beradaptasi dengan kondisi perkuliahan saat pandemi Covid-19. Ia mengimbau mahasiswa baru tetap bersemangat mengikuti kegiatan akademik secara daring dan hybrid.

Iwan berharap mahasiswa baru I3L tetap dapat menyesuaikan diri karena sistem pembelajaran masih dilakukan secara daring. Ia menyebut baru mahasiswa tetap dilibatkan dalam kegiatan penelitian secara mandiri atau bersama tim.

"Kami juga berharap mahasiswa tetap aktif mengikuti kegiatan perkuliahan, tetap rajin mengikuti kompetisi, dan tetap meningkatkan potensi diri walaupun di kondisi pandemik," kata Iwan dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id , Selasa (31/8).

I3L selama ini tetap melaksanakan kegiatan seperti penelitian, kompetisi, dan inovasi sebagai bagian usaha menghidupkan semangat belajar dan berkreasi di tengah pandemi. Misalnya kompetisi Skinovation untuk mengembangkan inovasi pembuatan skincare dan mengusung kolaborasi lintas program studi dalam pelaksanaannya.

Selain itu, I3L memanfaatkan teknologi augmented and virtual reality dalam pengerjaan sebagian laboratorium untuk mahasiswanya. "Dengan teknologi ini, memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang lazim dipergunakan perguruan tinggi di saat pandemi," ujar Iwan.

Diketahui, I3L baru saja mengadakan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2021 secara daring pada 23-27 Agustus 2021. Kegiatan itu diikuti sekitar seribu peserta OMB I3L. I3l Center of Student Development (CSD) sudah mempersiapkan kegiatan OMB i3L untuk bisa dilaksanakan secara daring.

"Hal ini mempertimbangkan terjadinya lonjakan pandemi Covid-19 yang tinggi di bulan juli," ucap Ketua CSD I3L, Maria Damayanti.

Untuk memfasilitasi para peserta didik baru, OMB I3L 2021 menggunakan aplikasi video conference Zoom. Diharapkan dengan adanya OMB daring ini mahasiswa tetap dapat berinteraksi dan saling mendekatkan diri satu sama lain walaupun terkendala pandemi.

Seluruh rangkaian kegiatan OMB i3L menekankan pada nilai-nilai positif kepada siswa untuk masa transisi ke lingkungan dan sistim pembelajaran tingkat perguruan tinggi dengan mengikuti panduan yang tertera dalam surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti tentang Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Artikel Asli