Benahi Jalan Rusak, Loteng Ajukan Pinjaman Rp200 Miliar

Nasional | suarantb | Published at Rabu, 01 September 2021 - 03:29
Benahi Jalan Rusak, Loteng Ajukan Pinjaman Rp200 Miliar

Praya (Suara NTB) Pemkab Lombok Tengah (Loteng) berencana mengajukan pinjaman sebesar Rp200 miliar ke PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Loteng akan menggunakan sepenuhnya pinjaman itu untuk membenahi infrastruktur jalan kabupaten yang rusak.

Rencana pinjaman tersebut pun sudah masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Semenetara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Loteng tahun 2022 yang baru saja disepakati antara Pemkab Loteng dengan DPRD setempat.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Loteng, Bq. Hj. Aluh Windayu, S.E., yang dikonfirmasi Suara NTB , Selasa, 31 Agustus 2021, mengatakan pinjaman tersebut memang sudah lama direncanakan. Namun kemungkinan baru tahun depan bisa direalisasi. Pinjaman sudah kita ajukan. Tinggal menunggu jawaban dari pihak PT. SMI, terangnya.

Ia menjelaskan, dana hasil pinjaman tersebut dikhususkan untuk mendukung program peningkatan kualitas infrastruktur dasar. Khususnya jalan kabupaten yang saat ini masih banyak yang rusak. Dengan dukungan anggaran tersebut, persoalan buruknya kualitas jalan kabupaten di Loteng bisa segera terjawab.

Harapan masyarakat untuk bisa memiliki jalan kabupaten yang mantap juga bisa segera terwujud. Kalau bicara kebutuhan anggaran untuk perbaikan ruas jalan kabupaten yang rusak sebenarnya masih lebih besar lagi. Tapi paling tidak bisa menjawab tuntutan sebagai besar harapan masyarakat soal peningkatan kualitas jalan kabupaten yang ada, terangnya.

Disinggung panjang ruas jalan kabupaten yang akan dibiayai dari dana pinjamana tersebut, Aluh mengaku untuk teknisnya ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Termasuk ruas jalan mana saja yang akan dibiayai nantinya. Yang jelas, dana hasil pinjaman tersebut untuk menuntaskan persoalan ruas jalan kabupaten yang rusak.

Pihaknya pun mengaku cukup optimis PT. SMI bakal mengabulkan pinjaman yang diajukan oleh Pemkab Loteng tersebut. Melihat track record Loteng selama ini cukup bagus rapornya di PT. SMI. Sebelumnya kita juga pernah mengajukan pinjaman dan rapornya sangat bagus. Di mana Loteng hampir tidak pernah terlambat membayar angsuran. Bahkan, pernah pinjaman dilunasi lebih awal dari masa pinjaman yang disepakati, tandas Aluh. (kir)

The post Benahi Jalan Rusak, Loteng Ajukan Pinjaman Rp200 Miliar first appeared on SuaraNTB.

Artikel Asli