Camat Labuapi Buka Kios Adminduk

Nasional | suarantb | Published at Rabu, 01 September 2021 - 03:25
Camat Labuapi Buka Kios Adminduk

Giri Menang (Suara NTB) Untuk mendekatkan pelayanan publik bagi masyarakat, terutama dari sisi pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk), pemerintah Kecamatan Labuapi Lombok Barat melakukan inovasi dengan membuka pelayanan Kios Adminduk di desa. Bekerjasama dengan pihak desa, kios Adminduk ini akan dibuka di masing-masing desa.

Di Kios Adminduk ini warga dilayani pembuatan Adminduk seperti KK, akte kelahiran, akte kematian. Bisa juga melayani perubahan Adminduk. Camat Labuapi, Lalu Darma Artika mengatakan sejauh ini pelayanan Kios Adminduk sudah berjalan di Desa Bengkel. Rencananya setiap bulan Kios Adminduk ini dibuka di dua hingga tiga Desa, hanya saja karena kendala Pilkades dan penanganan Covid-19 yang dinilai lebih urgen sehingga program ini sedikit terganggu.

Tapi sekarang bulan September ini, kita lanjutkan lagi. Rencananya Kios Adminduk ini akan kami buka di enam desa, di antaranya Desa Karang Bongkot, Bagek Polak, Bajur, Merembu, Kuranji Dalang, Kuranji, jelas dia, Selasa, 31 Agustus 2021.

Ia menyebut dari 12 desa yang ada, sejumlah desa juga ada yang Pilkades sehingga program ini perlu dikomunikasikan lagi ke desa terkait. Pihaknya pun menargetkan tahun ini semua desa ini akan dibuka kios Adminduk ini. Tujuannya untuk mempermudah dan mendekatkan pelayanan untuk masyarakat, tukasnya. Kata dia, dengan adanya pelayanan kios Adminduk di masing-masing desa, warga cukup mengurus ke desa tidak perlu jauh-jauh ke Dukcapil.

Pembuatan KK, perubahan KK, akte kelahiran dan kematian. Itu nanti bisa dicetak di desa, ujarnya. Sedangkan untuk perubahan KTP, desa menerbitkan rekomendasi lalu dicetak di Dukcapil. Pelayanan warga dimonitor melalui grup WhatsApp. Di sana ada operator desa, Dukcapil, Camat, sekcam dibantu operator kalau ada kesulitan dialami warga.

Untuk menangani Adminduk warga Labuapi khususnya, di kantor Dukcapil kedepan akan ada petugas operator khusus yang melayani kecamatan Labuapi. Sehingga kalau diterapkan di masing-masing kecamatan, maka akan ada 20 petugas operator. Untuk penyediaan perangkat seperti komputer, kertas dan ruter dilakukan desa melalui DD. Di mana pihak melakukan perjanjian kerjasama (PKS) dengan Dukcapil. Begitupula desa melakukan PKS dengan Kabid di Dukcapil. Itu diatur sesuai regulasi, ada Permendagri-nya itu, ujarnya. (her)

The post Camat Labuapi Buka Kios Adminduk first appeared on SuaraNTB.

Artikel Asli