Jaga Kiai, Percepat Vaksinasi di Pesantren

Nasional | radarjogja | Published at Rabu, 01 September 2021 - 10:03
Jaga Kiai, Percepat Vaksinasi di Pesantren

RADAR JOGJA Kalangan santri pondok pesantren (ponpes) menjadi sasaran target percepatan vaksinasi di Kota Jogja. Sebanyak 525 penerima vaksin dari empat ponpes diimunisasi di PPTQ Harun Asy Syafii Selasa (31/8).

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi (HP) mengatakan ada 36 pondok pesantren yang akan menjadi bagian vaksinasi di Kota Jogja ini. Sasarannya ialah kepada kiai dan santri ponpes yang usia 12 tahun ke atas. Ini bagian dari upaya agar mereka bisa terlindungi dari paparan Covid-19. Hari ini ada 512 peserta vaksin dari empat ponpes, tapi belum bisa semuanya. Karena di pondok ini ada yang di bawah 12 tahun, katanya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di PPTQ Harun As Syafii Jalan Karangkajen, kemarin.

Wakil Wali Kota Jogja itu menjelaskan sebagian besar santri yang menempuh pendidikan di ponpes berasal dari berbagai macam daerah yang tidak hanya lingkup DIJ melainkan se-Indonesia. Selama mereka beraktivitas di kota Jogja menjadi bagian perhatian pemkot untuk divaksin.
Kami lakukan bareng-bareng dengan berbagai kelompok masyarakat agar vaksinasi dapat terselesaikan, ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi di ponpes tersebut hasil kerjasama dengan Badan Amin Zakat Nasional (Baznas) kota Jogja melalui program Kita Jaga Kyai.
Diharapkan, program tersebut dapat mempercepat capaian vaksinasi secara nasional. Sehingga dapat melindungi para Kiai dan warga di lingkungan ponpes.

Seperti diketahui capaian vaksinasi berdasarkan kelompok usia untuk 12 tahun ke atas sampai kemarin ini mencapai 17.605 orang. Dan yang belum divaksin tercatat 20.829 orang. Sementara usia 18-49 tahun sebanyak 85.473 orang sudah divaksin, dan yang belum ada 111.889 orang. Usia 50-59 tahun yang sudah divaksin 28.171 orang dan yang belum sebanyak 27.954 orang. Sedangkan usia 60 tahun ke atas sebanyak 31.740 yang sudah vaksin dan sekitar 26.042 ribu yang belum divaksin.

Adapun capaian vaksinasi dosis pertama sampai dengan kemarin sebanyak 447.333. Capain itu sudah 150 persen jika dibandingkan jumlah penduduk yang wajib vaksin di atas 12 tahun ke atas yaitu sekitar 311 ribuan. Tapi itu belum semuanya, tandasnya.

Ketua Baznas Kota Jogja, Syamsul Azhari menambahkan bahwa pihaknya terus menggencarkan program Kita Jaga Kyai dengan melakukan vaksinasi bagi kiai dan santri. Program ini diikuti 525 peserta terdiri dari kiai dan santri dari enam ponpes di wilayah kota Jogja.

Dijelaskan, tiga tujuan utamanya yakni menjaga kesehatan dan kebugaran para kiai, memberi dukungan paket kesehatan untuk para kiai, dan memberikan layanan kesehatan bagi para kiai. Untuk mencapai tingkat herd immunity minimum 70 persen diperlukan kerja keras, diantaranya dengan jemput bola ke komunitas dalam hal ini adalah komunitas pesantren, katanya. (wia/bah)

Artikel Asli