TaniHub dan BGR Logistics Tingkatkan Akses Pasar Bagi Petani

Nasional | republika | Published at Rabu, 01 September 2021 - 09:58
TaniHub dan BGR Logistics Tingkatkan Akses Pasar Bagi Petani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan rintisan agrikultur, TaniHub Group, berkomitmen mewujudkan ketahangan pangan nasional melalui kolaborasi dengan sejumlah pihak, termasuk PT Banda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics.

Chief Operating Officer TaniHub Group Vincentius Sariyo mengatakan, petani selama ini mengalami kendala dalam akses pasar yang mengakibatkan hasil produksi kerap tidak terserap. Banyak petani kecil yang hanya memiliki luas lahan produksi tak lebih dari satu hektare kesulitan menjual produk lantaran tingginya biaya logistik.

Setelah mendapat akses pasar, petani dihadapkan pada persoalan permodalan saat meningkatnya permintaan. "TaniHub tidak bisa melakukan ini sendiri, maka perlu berkolaborasi dengan banyak pihak, termasuk BUMN," ujar Sariyo saat gelar wicara bertajuk "Warung Pangan, Sahabat Usaha Pangan untuk Negeri" pada Selasa (31/8).

Sariyo mengatakan, TaniHub dan BGR Logistics telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU untuk melakukan pengembangan usaha dan bisnis terkait pergudangan, teknologi logistik, dan armada, memperkuat layanan aplikasi Warung Pangan (WP) BGR Logistics, dan layanan TaniHub Group pada Juni lalu. Sariyo mengapresiasi pencapaian aplikasi WP yang telah merangkul 44.510 mitra usaha sejak diluncurkan pada Agustus 2020.

"Dalam waktu yang relatif singkat, aplikasi Warung Pangan sudah punya lebih dari 44 ribu mitra, ini gila banget !," ujar Sariyo.

Sariyo menyebut, kerja sama TaniHub dan BGR Logistics menciptakan ekosistem sehat dalam membantu kesejahteraan petani maupun pelaku UMKM, terlebih di masa pandemi saat ini. Petani kebingungan memasarkan hasil pertanian lantaran adanya pembatasan kegiatan akibat pandemi. Menurut Sariyo, kehadiran aplikasi WP dapat menjadi solusi bagi para petani untuk menjual hasil pertanian.

"Dengan mitra sebesar BGR Logistics dan Warung Pangan, kami bersama-sama membuka akses pasar bagi para petani," kata Sariyo.

Sebelumnya, Direktur Utama BGR Logistics Kuncoro Wibowo mengatakan kolaborasi dengan TaniHub akan menguatkan aplikasi Warung Pangan. TaniHub Group akan memasok Warung Pangan dengan produk segar dan produk pangan lainnya. Juga layanan TaniFund dapat membiayai UMKM yang menjadi mitra Warung Panga.

"Skemanya hampir sama dengan fitur WP Fund dan WP Asik milik BGR Logistics yang ada di Warung Pangan," ungkap Kuncoro.

Artikel Asli