Prokes Dijalankan, Siswa SLB Membutuhkan Pembelajaran Tatap Muka

Nasional | suarantb | Published at Rabu, 01 September 2021 - 02:57
Prokes Dijalankan, Siswa SLB Membutuhkan Pembelajaran Tatap Muka

Mataram (Suara NTB) Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) membutuhkan pembelajaran tatap muka, karena siswa berkebutuhan khusus ini membutuh interaksi dan sentuhan langsung dari guru dalam proses pembelajaran. Meski demikian, penerapan protokol kesehatan (Prokes) harus dijalankan oleh pihak SLB dan orang tua siswa.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Hj. Eva Sofia Sari, S.Pd., M.Pd., pada Selasa, 31 Agustus 2021.

Menurutnya, siswa SLB membutuhkan interaksi langsung dalam proses pembelajaran. Karena siswa kita butuh interaksi dan sentuhan langsung dari gurunya. Siswa SLB sangat membutuhkan pembelajaran tatap muka, ujarnya.

Ia melakukan pemantauan ke beberapa SLB yang menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas. Menurut Eva, siswa sudah mantap menerapkan protokol kesehatan pada saat mereka sejak masuk gerbang sekolah, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menggunakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer .

Sebelumnya Eva juga menyampaikan, siswa SLB jumlahnya relatif lebih sedikit dari sekolah umum. Dengan begitu, pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas relatif lebih mudah dipantau dan dilakukan pencegahan para siswa berkebutuhan khusus untuk berkumpul.

Eva juga mengharapkan sekolah agar menggunakan akses satu pintu masuk untuk mempermudah pengawasan keluar dan masuk siswa serta orang tua siswa yang mengantar. Penerapan protokol kesehatan juga berlaku bagi orang tua siswa yang mengantar, kata Eva.

Menurutnya, tidak ada kendala yang berarti pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas kali ini. Siswa juga terlihat senang karena bisa berinteraksi dengan leluasa. Siswa nampak senang karena mereka bisa leluasa berinteraksi dengan guru dan teman-teman mereka, ujarnya.

Dalam kesempatan sebelumnya, Kepala SLBN 2 Mataram, Winarna juga mengatakan, pembelajaran di SLB memang sebaiknya dilaksanakan secara tatap muka. Menurutnya, protokol kesehatan bisa dipantau dan dijaga dari awal siswa masuk. Kelas pun disemprot disinfektan sebelum siswa masuk. (ron)

The post Prokes Dijalankan, Siswa SLB Membutuhkan Pembelajaran Tatap Muka first appeared on SuaraNTB.
Artikel Asli