FAS Diharapkan Jangkau Aspirasi Anak Termarginalkan

Nasional | suarantb | Published at Rabu, 01 September 2021 - 02:41
FAS Diharapkan Jangkau Aspirasi Anak Termarginalkan

Sumbawa Besar (Suara NTB) Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany M.Pd, menegaskan Forum Anak Samawa (FAS) jangan hanya menampung partisipasi anak dari kelompok-kelompok yang sudah eksis seperti OSIS, Pramuka, Remaja Mesjid dan sejenisnya. Tetapi juga harus mampu menjangkau anak-anak termarjinalkan seperti anak jalanan, anak minoritas, anak berkebutuhan khusus dan anak-anak yang secara geografis terisolasi.

Demikian disampaikan Beberapa hal tersebut disampaikan Wabup saat mengukuhkan Pengurus Forum Anak Samawa periode 2021-2023, Selasa, 31 Agustus 2021. Keberadaan Forum Anak sangat penting dalam rangka memberikan pemahaman tentang bagaimana cara anak memperoleh empat hak dasarnya, yaitu hak hidup, hak tumbuh berkembang, hak perlindungan serta hak partisipasi. Adapun hak-hak tersebut merupakan unsur yang terdapat dalam kehidupan masyarakat serta penyelenggaraan pemerintahan.

Untuk itu, Wabup berharap FAS dapat menjadi wadah partisipasi anak dan media untuk mendengarkan. Serta menyuarakan aspirasi, pendapat dan harapan anak dalam proses pembangunan di kabupaten sumbawa. Mudah-mudahan pengurus yang dikukuhkan hari ini dapat menunjukkan kinerja terbaik untuk kita bersama, tukasnya.

Berdasarkan SK Bupati Sumbawa nomor 492 tahun 2021, Forum Anak Samawa periode 2021-2023 ini diketuai oleh Muhammad Zaky Juliansyah dengan Wakil Ketua Muhammad Wahyunan Fadli dan Zahwa Rosmi sebagai Sekretaris. (arn)

The post FAS Diharapkan Jangkau Aspirasi Anak Termarginalkan first appeared on SuaraNTB.
Artikel Asli