Seleksi JPTP Telah Direkomendasikan KASN

Nasional | suarantb | Published at Rabu, 01 September 2021 - 01:29
Seleksi JPTP Telah Direkomendasikan KASN

Mataram (Suara NTB) Rencana mempercepat pengisian jabatan eselon II melalui seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) tersendat. Pemkot Mataram belum menerima rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati menjelaskan, dokumen persyaratan melaksanakan pansel jabatan pimpinan tinggi pratama telah dikirim ke KASN di Jakarta. KASN memberikan signal menyetujui pengisian jabatan tersebut, tetapi terkendala izin belum ditandatangani oleh komisioner KASN.

Hasil komunikasi via telephone sudah diizinkan. Tetapi surat yang jadi acuan kita belum ditandatangani, kata Nelly dikonfirmasi usai mengikuti upacara HUT Kota Mataram di halaman Kantor Walikota Mataram, Selasa, 31 Agustus 2021.

Pendaftaran sebenarnya mulai diumumkan hari ini (kemarin, red). Nelly menduga rekomendasi belum disetujui karena pegawai di KASN di Jakarta sedang memberlakukan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Tetapi pihaknya tetap berkoordinasi dengan harapan pekan ini pengumuman pendaftaran bisa dimulai. Saya coba hubungi orang KASN. Mudah mudahan minggu ini sudah bisa dibuka pendaftaran, ujarnya.

Tujuh jabatan eselon II bakal dilelang yakni, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan serta Kepala Dinas Perikanan.

Tahapan pansel mulai dari pendaftaran sampai penyerahan tiga nama ke pejabat pembina kepegawaian ditargetkan tuntas dalam waktu 24 hari. Pihaknya memangkas waktu pendaftaran dari sebelumnya 14 hari kerja menjadi lima hari kerja. Dikatakan Nelly, satu pun tahapan mulai seleksi administrasi sampai penyampaian makalah tetap digelar sesuai prosedur. Kalau kuota di satu jabatan tidak terpenuhi. Kita akan perpanjang lagi tiga hari pendaftaran, terangnya.

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito dikonfirmasi sebelumnya membenarkan seleksi jabatan eselon II membutuhkan waktu 24 hari. Pihaknya meminta pejabat yang merasa memiliki kompetensi dan memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri. Artinya, tidak perlu menunggu pendaftaran dibuka tetapi persyaratan administrasi harus mulai dipersiapkan. Makanya kita minta pejabat yang merasa memenuhi persyaratan silahkan mendaftar, tandasnya. (cem)

The post Seleksi JPTP Telah Direkomendasikan KASN first appeared on SuaraNTB.
Artikel Asli