Keputusan Resmi Rakernas, PAN Gabung Koalisi Pemerintah

Nasional | rm.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 08:21
Keputusan Resmi Rakernas, PAN Gabung Koalisi Pemerintah

Partai Amanat Nasional (PAN) resmi memutuskan satu gerbong dengan koalisi partai politik pendukung pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Hal tersebut diputusan pada rapat kerja nasional (Rakernas) kedua yang dilakukan pada Selasa (31/8).

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengungkapkan, dalam Rakernas kedua ini, diputuskan beberapa kebijakan partai. Pertama, sejumlah peraturan partai direvisi. Ini agar dapat menguatkan PAN beserta jaringannya untuk mempersiapkan diri dalam kerja pemenangan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kedua diputuskan pula pembentukan Badan Saksi Nasional sebagai kerja-kerja partai untuk pemenangan Pemilu 2024," ujar Eddy dalam keterangannya kepada RM . id , Rabu(1/9).

Ketiga, seluruh dewan perwakilan wilayah (DPW) PAN telah menyetujui agar partai yang didirikan sejumlah tokoh reformasi ini masuk ke dalam koalisi pemerintahan.

"Kita juga mendengarkan pandangan dari ketua-ketua DPW. Secara bulat semuanya memberi dukungan untuk bergabung dengan koalisi pemerintahan," tutur Eddy.

Keempat, Rakernas memberikan kewenangan penuh kepada ketua umum untuk memutuskan langkah strategis dalam penentuan pasangan calon Capres-Cawapres pada Pemilu 2024.

"Seluruh ketua DPW memberi mandat ketua umum, untuk melakukan penguatan dan percepatan pemenangan Pemilu dan Pilpres 2024. Termasuk penentuan pasangan calon Capres-Cawapres di Pemilu 2024," tandasnya.

Untuk diketahui, PAN menggelar acara rakernas untuk kali kedua. Rakernas tersebut digelar usai Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen PAN Eddy Soeparno menghadiri pertemuan koalisi pemerintahan di Istana Presiden beberapa hari lalu.[ SAR ]

Artikel Asli