32.305 Guru di Kabupaten Bogor Wajib Divaksin Sebagai Syarat PTM Menyeluruh

Nasional | mandalapos.co.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 08:15
32.305 Guru di Kabupaten Bogor Wajib Divaksin Sebagai Syarat PTM Menyeluruh

Mandalapos.co.id, Bogor- Bupati Bogor, Ade Yasin, mewajibkan vaksinasi terhadap 32.305 guru sebagai syarat menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara menyeluruh.

Total ada 32.305 guru dari 3.222 sekolah, mulai jenjang TK, SD, dan SMP di Kabupaten Bogor, kata Bupati Bogor Ade Yasin, dikutip dari Antara Selasa(31/8).

Syarat tersebut, bahkan telah disosialisasikan dalam Surat Edaran dari Dinas Pendidikan tentang Pedoman Pelaksanaan PTM.

Disebutkan pula dalam surat edaran Disdik Kabupaten Bogor, kegiatan PTM dilaksanakan dengan kapasitas maksimal 50 persen, kecuali PAUD maksimal 30 persen dan dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan setelah edaran ini disampaikan ke seluruh satuan pendidikan, kemungkinan PTM bisa dilaksanakan pada Rabu, 1 September 2021.

Namun, apabila dalam proses pelaksanaan PTM terdapat kasus positif COVID-19, satuan pendidikan harus menghentikan PTM selama enam hari.

Ya, itu untuk dilakukan sterilisasi di lingkungan satuan pendidikan dan diterapkan lagi pembelajaran jarak jauh. Selain itu, mereka harus koordinasi dengan Puskesmas terdekat untuk melakukan penanganan kesehatan sesuai prosedur, kata Burhan.

Burhan menegaskan PTM terbatas jenjang TK, PAUD, pendidikan nonformal, SD dan SMP akan dimonitoring dan dievaluasi dalam jangka waktu tertentu oleh Disdik dan Satgas COVID-19.

Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor mengklasifikasikan profesi guru masuk dalam kategori petugas publik. Dalam catatan perkembangan vaksinasi Kabupaten Bogor pada 31 Agustus 2021, dari total 312.651 petugas publik, 99,99 persen sudah divaksin.

***Herman

Artikel Asli