BMKG Sebut Hujan Lebat Berpotensi Landa Sejumlah Daerah

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 01 September 2021 - 07:01
BMKG Sebut Hujan Lebat Berpotensi Landa Sejumlah Daerah

JawaPos.com Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia pada Rabu (1/9).

Dilansir dari Antara berdasar informasi dari laman resmi BMKG di Jakarta, Rabu (1/9), kondisi cuaca hujan tersebut berpotensi melanda Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung. Cuaca serupa juga diprakirakan terjadi di Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Sementara itu, hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Sumatera Utara, DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat. Sedangkan Nusa Tenggara Barat diprakirakan mengalami angin kencang.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi 2,54 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan. Peringatan gelombang tinggi itu juga berlaku untuk area Samudra Hindia barat Sumatera, perairan selatan Banten hingga Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Banten hingga Nusa Tenggara Timur, dan Laut Arafuru bagian timur.

Hujan disertai angin kencang dan petir diprakirakan terjadi di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada siang dan sore hari ini (1/9). BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas ringan terjadi di Jakarta Barat pada siang hari.

Untuk wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diprakirakan cerah berawan pada siang hari. Cuaca cerah berawan juga diprakirakan terjadi di lima wilayah Jakarta pada pagi hari. Hanya wilayah Kepulauan Seribu yang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan pada pagi hari.

Pada malam hari, BMKG memprakirakan seluruh wilayah di Jakarta berawan dengan suhu udara berkisar 2332 derajat Celcius. Sedangkan kelembapan udara berkisar 7595 persen.

Sebelumnya, Kepala Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati memprediksi musim hujan akan datang lebih awal pada 2021. Salah satu penyebabnya karena Indonesia memiliki ratusan zona musim (zom). Tercatat, ada sekitar 342 ZOM.

Dari jumlah tersebut, lanjut dia, 14,6 persen di antaranya diprediksi akan mengawali musim hujan pada September. Musim hujan kali ini maju lebih awal dibanding pada 2020 dan tahun-tahun sebelumnya. Sebagian besar wilayah di Indonesia mulai September sampai Oktober, kata Dwikorita.

Artikel Asli