Demi Keberhasilan Belajar Tatap Muka Satgas Sekolah Ditempatkan Di Depan Gerbang Dan Kelas

Nasional | rm.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 06:10
Demi Keberhasilan Belajar Tatap Muka Satgas Sekolah Ditempatkan Di Depan Gerbang Dan Kelas

Sejumlah sekolah sudah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Karena itu, perlu pengawasan ekstra. Termasuk melakukan pengawasan disiplin protokol kesehatan (prokes) di sekolah.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengimbau setiap sekolah memiliki Satgas Penanganan Covid-19 internal. Tugasnya, memastikan penerapan prokes 3M; memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Pembentukan Satgas ini dipercaya dapat meminimalkan penularan Covid-19 kepada siswa, ujar Wiku dalam keterangannya, kemarin.

Ketua Dewan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) ini menjelaskan, anggota Satgas sekolah, bisa dari perangkat sekolah atau perwakilan orangtua peserta didik. Anggota Satgas sekolah, tidak harus berasal dari pemerintah.

Satgas di sekolah dapat memastikan prokes ketat telah diterapkan dengan baik, memantau aktivitas murid, guru dan perangkat lainnya, kata djunct Professor di bidang Infectious Disease and Global Health oleh Tufts University ini.

Wiku menegaskan, ada tiga fungsi utama Satgas Sekolah. Yaitu, fungsi pencegahan dengan melakukan sosialisasi, fungsi pembinaan dengan memberikan sanksi pada yang berulah dan fungsi pendukung terkait sistem serta laporan.

Berbagai sistem dan laporan harus dikomunikasikan kepada Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat yang lebih tinggi, tandas Wiku.

Netizen setuju dengan pembentukan Satgas Penanganan Covid-19 sekolah. Keberadaan Satgas internal untuk memastikan penerapan prokes 3M di sekolah dilakukan baik.

Satgas Penanganan Covid-19 di sekolah perkuat prokes saat Pembelajaran Tatap Muka, tandas @infoCOVID19_id .

Akun @dbrahmantyo mengatakan, Satgas Penanganan Covid-19 di sekolah berperan dalam pemantauan prokes 3M dan mengedukasi pelaku sekolah. Satgas sekolah juga wajib berkoordinasi dengan Satgas daerah.

Sekolah diminta menempatkan Satgas Covid-19 di pintu gerbang sekolah dan di dalam sekolah. Para guru proaktif menjadi Satgas Covid-19 di dalam kelas, kata @Pemkab_Kudus .

Menurut @nuklindana_dk , orangtua dan wali peserta didik dapat aktif berpartisipasi dalam Satgas Penanganan Covid-19 di sekolah. Ketentuan tersebut tercantum pada bagian Panduan IX B.3.b hal. 9 dalam hal Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Satuan Pendidikan.

Yang penting, taat prokes dan jaga kesehatan tiap murid dan guru, kata @syarifani89 .

Akun @syarifani89 menjelaskan, pelaksanaan sekolah tatap muka harus memenuhi persyaratan. Guru dan staf sekolah harus sudah divaksin. Termasuk juga sudah mendapat izin dari Satgas Covid Kota/Kabupaten dan izin wali murid.

Selain tertib dan disiplin menjaga prokes, kita juga harus jujur sama kondisi kesehatan. Ini berlaku di sekolah juga, imbuh @lia_endiani .

Masih ada kerumunan di sekolah. Satgas Covid-19 perlu memberlakukan prokes lebih ketat lagi, ujar @letterzet .

Untuk itu, @pandemictalksID menyarankan pihak sekolah menjalankan mitigasi risiko, pengawasan prokes siswa secara ketat, dan menerapkan alur pelaporan jika terjadi klaster atau ada siswa yang tertular Covid-19.

Ingat! Penularan bisa terjadi di mana saja dan tidak hanya di dalam kelas, tegasnya.

Namun @bunionera pesimis Satgas Penanganan Covid-19 di sekolah bisa mengawasi pelaksanaan prokes dengan baik. Kata dia, berdasarkan pengalaman di kantor pemerintahan, satgas internal tidak efektif.

Satgas internal malah sering menutupi kasus supaya kantor tetap buka, sehingga nggak ada tracing . Satgas daerah dan dinas kesehatan biasanya juga nggak bisa banyak intervensi, kata dia.

Akun @gank14_id mengatakan, tidak ada yang namanya prokes ketat 100 persen selama di sekolah. Ketika di kantin, olahraga, pulang sekolah tetap timbul kerumunan.

Kalau prokes ketat seperti memakai masker, cek suhu tubuh ketika masuk, duduk berjauhan ketika belajar, itu cuma syarat belaka bukan jaminan, katanya. [TIF]

Artikel Asli