HUT Polwan RI, Bagi Sembako, Donor Darah hingga Ziarah

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 01 September 2021 - 05:47
HUT Polwan RI, Bagi Sembako, Donor Darah hingga Ziarah

JawaPos.com- Setiap 1 September, diperingati sebagai Hari Polisi Wanita (Polwan). Tahun ini Polwan Republik Indonesia telah memasuki usia 73 tahun. Memperingati hari tersebut, Polwan Polres Gresik juga turut memeriahkan dengan menggelar serangkaian kegiatan.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menyatakan, tema yang diusung dalam HUT ke-73 Polwan kali ini adalah Transformasi Polri yang Presisi Polwan Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju. Karena masih pandemi, kegiatan kami arahkan ke sosial dan kemasyarakatan, ujar Arief.

Beragam kegiatan tersebut antara lain donor darah di UTD Palang Merah Indonesia (PMI) Gresik. Kegiatan donor itu dipimpin Iptu Sri Maryani dan Ipda Dilla. Aksi kemanusiaan ini sebagai wujud Polwan ikut peduli dan sukarela dalam membantu sesama, ungkap alumni Akpol 2001 itu.

Sebelumnya, para Polwan Polres Gresik juga melaksanakan bakti sosial dengan membagikan 400 paket sembako. Sasarannya, warga terdampak PPKM di wilayah Gresik kota.Arief memuji kiprah jajaran Polwan di lingkungannya. Sejatinya, para srikandi itu memiliki peran ganda. Yakni, sebagai wanita karir dan sebagai ibu rumah tangga. Dia pun berharap para Polwan dapat mengatur waktu antara pekerjaan dinas dan peran sebagai ibu rumah tangga.

Tetap jaga etika, sopan-santun, berkepribadian, dan berkualitas. Dengan demikian, dapat meningkatkan kinerja bagi organisasi Polri yang presisi, katanya. Dia juga turut mendoakan, di tengah pandemi ini para Polwan senantiasa sehat dan Allah SWT selalu melimpahkan bimbingan, petunjuk, dan kekuatan.

Para Polwan Polres Gresik juga telah melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Pahlawan. Kami dari Polwan Polres Gresik memberikan penghormatan atas jara para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan, kata Iptu Sri Maryani, Polwan dari Dikyasa Satlantas Polres Gresik.

Pada setiap pelaksanaan kegiatan, lanjut dia, setiap peserta juga selalu disiplin protokol kesehatan (prokes). Mulai memakai masker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan. Pada upacara ziarah dan tabur, hanya diikuti para anggota Polwan Polres Gresik tanpa mengundang instansi samping. Tujuannya, menghindari kerumunan guna mencegah persebaran Covid-19, ucap Sri Maryani.

Artikel Asli