6 Hal yang Perlu Diketahui tentang Makam Nabi Muhammad

Nasional | republika | Published at Rabu, 01 September 2021 - 05:45
6 Hal yang Perlu Diketahui tentang Makam Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Makam Nabi Muhammad SAW adalah salah satu tempat yang paling ingin dikunjungi oleh umat Islam di seluruh dunia. Sebagai tempat yang memiliki arti penting bagi umat Islam, orang-orang dari seluruh dunia datang untuk menyampaikan salam mereka kepada Nabi dan meyakini beliau mendengarkan dan membalas salam mereka dari kuburnya.

Makam Nabi Muhammad SAW berada di dalam Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Dahulu, makam Rasulullah SAW adalah kamar beliau dan istrinya, Aisyah RA.

Sebelum diperluas, makam Nabi SAW dulu dinamakan Masqurah. Setelah Masjid Nabawi diperluas, makam Rasulullah masuk di dalam bagian bangunan masjid dengan kubah berwarna hijau. Di samping makam Rasulullah SAW terdapat makam dua sahabatnya, yakni Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Berikut enam hal yang perlu diketahui tentang makam Nabi Muhammad SAW , dikutip dari laman About Islam , Selasa (31/8).

1. Pagar Emas

Makam Rasulullah SAW dibatasi oleh pagar tinggi berwarna keemasan yang berhias kaligrafi. Pembatas pagar emas merupakan sisi depan dari ruang kamar bagian dalam yang menampung makam Nabi SAW dan dua sahabatnya.

2. Rumah Aisyah RA

Nabi SAW dimakamkan di rumah Aisyah, tempat dia tinggal saat wafat. Aisyah tinggal di rumah kecil nan sederhana di samping masjid. Rumah Aisyah dan Hafsa terletak di dalam Kamar Suci tersebut dan berdekatan satu sama lain. Mereka biasa berbicara satu sama lain dari rumah mereka sendiri.

photo
Umat Islam beribadah di area saf Raudhatun Jannah/Raudhah (Taman Surga) di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Senin (6/5/2019). - (Antara/Aji Styawan)
Artikel Asli