Yellow Clinic Golkar Targetkan Bisa Mendorong Herd Immunity

Nasional | republika | Published at Rabu, 01 September 2021 - 02:36
Yellow Clinic Golkar Targetkan Bisa Mendorong Herd Immunity

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yellow Clinic DPP Partai Golkar akan terus melayani vaksinasi gratis bagi masyarakat hingga permintaan masyarakat sudah terpenuhi. Tercatat hingga tanggal 29 Agustus 2021, kegiatan vaksinasi ini telah diterima oleh 200 ribu akseptor (penerima vaksin), baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Yellow Clinic, Dwi Hartanto, dalam dialog diskusi live Instagram bersama akun @Golkar2024 yang bertajuk 'Peran Partai Golkar Dalam Mendorong Vaksinasi' pada Senin (30/8).

"Sesuai arahan Ketum Golkar Bapak Airlangga Hartarto, bahwa pandemi ini merupakan momentum kita untuk bergotong royong dengan para kader Partai Golkar untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi. Salah satunya melalui percepatan vaksinasi," jelasnya.

Ketua Yellow Clinic ini mengatakan, pelaksanaan vaksinasi tidak hanya menyasar Kader Partai Golkar tetapi juga masyarakat umum yang belum melakukan vaksinasi. Dalam pelaksanannya, Yellow Clinic berkolaborasi bersama berbagai instansi, organisasi masyarakat dan juga mengerahkan sebanyak 1000 relawan kesehatan secara mandiri.

Ikhtiar memutus penyebaran Covid-19 ini dilakukan secara sinergis dan kolaborasi produktif bersama Puskesmas, Dinkes, AMPG, AMPI, dan beberapa mahasiswa dengan tujuan menjadi sumber tenaga kesehatan bersama untuk kita dalam membantu pendataan untuk sertifikat vaksin serta 1.000 orang relawan yang tersebar di Jawa, Bali, NTT, Sumatera Utara hingga Aceh untuk mencapai herd immunity di berbagai daerah," ujarnya.

Ke depannya, kata Dwi, Yellow Clinic tidak hanya akan melakukan pelayanan vaksinasi Covid-19, swab antigen dan PCR. Namun, juga akan melanjutkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara kesinambungan.

"Yellow Clinic ini berdiri dengan latar belakang pandemi dan jumlah tenaga kesehatan yang tidak menjangkau banyak masyarakat. Kedepan, di pasca pandemi, Bapak Ketum Airlangga Hartato meminta saya segera membuat 34 klinik di berbagai kota/kabupaten untuk melayani masyarakat mulai dari menangani stunting, katarak, bibir sumbing, hingga penyuluhan gigi dan mulut. Jadi Partai Golkar akan terus membantu masyarakat untuk tetap sehat," ungkapnya

Adapun, Yellow Clinic tengah menargetkan vaksinasi diberbagai daerah yang sejalan dengan program pemerintah untuk mengejar target herd immunity. Dimana di akhir Agustus hingga September mendatang, Yellow Clinic berencana melaksanakan vaksinasi di Nusa Tenggara Timur sebanyak 32 ribu, sebanyak 50 ribu di Jawa Tengah, dan di Jawa Timur, Karawang, Bekasi, Tangerang dan Bogor masing-masing sebanyak 20 ribu.

"Karena kita juga ingin wilayah lain di Indonesia bisa seperti Jakarta yang sudah mencapai 100 persen agar tidak ada lagi kekhawatiran beraktivitas. Jadi saya mengajak masyarakat untuk bervaksin, karena dengan vaksin kita dapat mencapai herd immunity, kita semua bisa beraktivitas seperti biasa dan ekonomi bisa berlangsung dengan baik," ungkapnya.

Artikel Asli