Ini Detail Aturan Operasional Rumah Makan dan Mal di PPKM Level 2, 3, dan 4

Nasional | inewsid | Published at Rabu, 01 September 2021 - 01:15
Ini Detail Aturan Operasional Rumah Makan dan Mal di PPKM Level 2, 3, dan 4

JAKARTA, iNews.id - Dalam pengaturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa Bali seminggu ke depa,n ada beberapa detail poin tambahan. Terutama terkait pengaturan di sektor pusat perbelanjaan dan tempat makan dan minum di setiap level.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, di kabupaten/kota level 4, perubahan jam operasional sektor perbelanjaan kebutuhan sehari-hari, seperti supermarket, menjadi pukul 21.00.

Kemudian, pasar rakyat yang menjual kebutuhan non-sehari-hari menjadi pukul 17.00 WIB. Operasional pedagang kaki lima sampai pukul 21.00.

"Uji coba protokol kesehatan di mal mulai dilakukan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, kata Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Selasa (31/8/2021).

Sementara itu di kabupaten/kota level 3, perubahan jam operasional sektor perbelanjaan kebutuhan sehari-hari, seperti supermarket menjadi pukul 21.00. Pasar rakyat yang menjual kebutuhan non-sehari-hari menjadi pukul 17.00 WIB.

Lalu, operasional pedagang kaki lima (PKL), sampai jam 21.00. Operasional makan atau minum di warung tegal (warteg), resto atau kafe di ruang terbuka serta mal menjadi pukul 21.00 dengan kapasitas maksimal 50 persen.

"Sedangkan restoran atau kafe di area fasilitas olahraga dapat menyelenggarakan dine in dengan kapasitas maksimal 25 persen dengan durasi 30 menit," ujarnya.

Wiku menutukan, akan dilakukan uji coba penerapan protokol kesehatan (prokes) di area tertutup di DKI Jakarta, Bandung dan Surabaya yang daftarnya akan ditentukan oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Terakhir kegiatan konstruktif non-infrastruktur publik dapat beroperasi maksimal 30 orang, tutur Wiku Adisasmito.

Sedangkan di kabupaten/kota level 2, kata Wiku, perubahan jam operasional PKL sampai pukul 21.00. Operasional makan atau minum di warteg, resto maupun kafe menjadi pukul 21.00 WIB.

Penerapan screening dengan PeduliLindungi bagi fasilitas umum dan kegiatan seni budaya, sosial, dan kemasyarakatan, ucapnya.

Artikel Asli