Loading...
Loading…
P2G Pertanyakan Kenapa Hanya Guru yang Tak Ada Seleksi CPNS

P2G Pertanyakan Kenapa Hanya Guru yang Tak Ada Seleksi CPNS

Nasional | jawapos | Selasa, 24 Agustus 2021 - 16:06

JawaPos.com Kepala Bidang Advokasi Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Iman Zanatul Haeri kecewa kepada pemerintah yang meniadakan perekrutan guru calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2022 mendatang. Dia mempertanyakan hal tersebut, mengapa hanya profesi guru yang tidak dibuka lowongan PNS. Sedangkan profesi lain seperti dosen, analis kebijakan, dan dokter masih dibuka lowongan PNS-nya.

Sangat tidak berkeadilan, profesi guru selalu diperlakukan diskriminatif oleh negara. Visi Pak Jokowi untuk mewujudkan SDM Unggul tidak akan pernah tercapai jika negara masih diskriminatif kepada guru khususnya guru honorer dan mahasiswa keguruan. Patut diduga, pemerintah pusat ingin lepas tanggung jawab dari kewajiban mensejahterakan guru, ujar dia kepada JawaPos.com , Selasa (24/8).

Dikatakan bahwa kesejahteraan guru saat ini sangat miris, apalagi guru honorer. Guru yang memiliki kehidupan layak hanya mereka yang merupakan PNS.

Tidak ada guru PNS gaji 250-500 ribu sebulan, seperti yang dialami guru honorer bertahun-tahun. Guru honorer termasuk mahasiswa LPTK mimpinya sederhana, menjadi PNS. Sedangkan menjadi guru PPPK masa kontraknya terbatas 5 tahun saja, apa yang dapat diharapkan?, pungkasnya.

Pihaknya pun memohon Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menginstruksikan KemenPAN-RB, BKN, Kemendikbudristek, Kemenag, dan Kemenkeu agar membuka pengadaan guru CPNS mulai 2022 nanti dan tiap tahunnya ke depan.

Jangan hanya membuka lowongan guru PPPK. P2G juga mendesak Kemenpan RB menarik dan mencabut kembali Surat MenPAN-RB No. B/1161/M.SM.01.00/2021 kepada pemda-pemda, tandasnya.

Original Source

Topik Menarik