Loading...
Loading…
Lima Tanda Usus Tidak Sehat, Jangan Diabaikan

Lima Tanda Usus Tidak Sehat, Jangan Diabaikan

Nasional | republika | Selasa, 24 Agustus 2021 - 14:55

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usus yang sehat memainkan peran penting dalam keseluruhan fungsi tubuh manusia. Diet yang tidak sehat dapat memengaruhi kesehatan usus Anda dan menyebabkan beberapa gejala yang tidak menyenangkan.

Faktor gaya hidup lain seperti tingkat stres yang tinggi, kurang tidur atau aktivitas fisik yang rendah atau tidak ada juga dapat memperburuk kesehatan usus Anda. Ketika usus Anda tidak bekerja dengan baik, ada beberapa gejala umum yang mungkin ditunjukkan oleh tubuh Anda.

Ahli gizi, Lovneet Batra, mengatakan usus juga dikenal sebagai sistem gastrointestinal yang sangat penting untuk hampir setiap sistem dan fungsi tubuh untuk beroperasi pada kinerja optimal. Berikut adalah beberapa tanda usus tidak sehat yang perlu Anda waspadai seperti dilansir laman NDTV Selasa (24/8):

1. Sakit perut

Gas, kembung, sembelit, diare, dan mulas adalah tanda-tanda usus yang tidak sehat. Jadi jika Anda mengalami ini, Anda tidak boleh mengabaikan ini dan mengatasi masalah ini.

2. Bau mulut

"Ketidakseimbangan usus memungkinkan jenis bakteri H pylori tertentu untuk tinggal di saluran pencernaan Anda. Bakteri ini adalah akar dari banyak sakit maag, dan bau mulut," kata dia.

3. Jerawat dan iritasi kulit

Beberapa gejala usus yang tidak sehat juga terlihat pada kulit Anda. Mikrobioma yang tidak seimbang meningkatkan sensitivitas kulit Anda sehingga lebih rentan terhadap masalah seperti eksim, dermatitis, jerawat, dan psoriasis

4. Gangguan tidur

Usus yang tidak sehat dapat mengganggu siklus tidur Anda dan menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia. Serotonin adalah hormon yang diproduksi di usus yang memengaruhi suasana hati dan tidur Anda sehingga kerusakan usus dapat mengganggu kemampuan untuk tidur nyenyak. Jadwal tidur yang tidak memadai dapat menyebabkan kelelahan kronis, sehingga sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jadwal tidur yang buruk juga dapat membuat ketidakseimbangan hormon.

5. Intoleransi makanan

Intoleransi makanan adalah hasil dari kesulitan mencerna makanan tertentu yang tidak sesuai dengan tubuh Anda. Beberapa intoleransi makanan adalah akibat dari kualitas bakteri yang buruk di usus.

Tips menjaga kesehatan usus:

1. Konsumsi makanan seimbang dengan beragam makanan yang dapat membantu pertumbuhan beragam mikrobioma di usus. Juga, konsumsilah buah dan sayuran kaya serat yang cukup karena serat memberi makan bakteri usus di usus.

2. Tambahkan cukup prebiotik dan probiotik untuk diet. Bawang putih, apel, pisang, dan beri adalah beberapa prebiotik sedangkan yogurt, kimchi, dan asinan kubis adalah probiotik yang populer.

3. Stres juga dapat memengaruhi kesehatan usus Anda. Karena itu, cobalah aktivitas manajemen stres seperti yoga, meditasi, dan lainnya.

4. Minum banyak air sepanjang hari untuk mencegah dehidrasi. Ini juga akan membantu memastikan kesehatan usus yang optimal.

5. Memastikan tidur malam yang nyenyak adalah cara sederhana lain yang dapat membantu Anda memastikan usus yang sehat. Anda juga harus menghindari konsumsi antibiotik bila memungkinkan untuk usus yang sehat.

Original Source

Topik Menarik